PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010-2014 (Skripsi)

PATIMAH, PATIMAH (2016) PENGARUH FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2010-2014 (Skripsi). Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
PATIMAH_FebEkoIslm.pdf

Download (537kB) | Preview

Abstract

Profitabilitas merupakan kemampuan suatu bank untuk memperoleh keuntungan, baik yang berasal dari kegiatan operasional maupun yang berasal dari kegiatan-kegiatan non operasional. Profitabilitas salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam menilai sehat tidaknya suatu bank selain faktor modal, kualitas aktiva, manajemen, dan likuiditas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Inflasi, dan Suku Bunga terhadap Return On Asset (ROA) dari kinerja keuangan perbankan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan dari Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2010-2014. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh melalui laporan triwulan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 Bank Umum Syariah yang terdaftar di Bank Indonesia. Penelitian ini mengambil 6 sampel Bank Umum Syariah di Indonesia dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling. Data dalam penelitian selama periode pengamatan menunjukkan berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi tidak ditemukan penyimpangan-penyimpangan asumsi dasar, dengan kata lain data yang digunakan telah memenuhi syarat dalam penggunaan model persamaan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 0,304 atau 30,4% variabel Return On Asset (ROA) bisa dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam penelitian yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Inflasi, dan Suku Bunga secara bersama-sama. Sedangkan 69,6% sisanya dijelaskan oleh rasio keuangan yang lain diluar model penelitian ini yang merupakan kontribusi dari variabel bebas selain keempat variabel dalam penelitian

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR), Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Inflasi, Suku Bunga dan Return On Assets (ROA)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:05
Last Modified: 03 Aug 2016 02:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item