PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPIT BINA INSANI KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

ABDUL, GOFAR (2020) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) UNTUKMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMPIT BINA INSANI KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I mm.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disertasi ini berjudul “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMPIT Bina Insani Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir”.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang valid, praktis dan memberikan peningkatan yang lebih baik terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode pengembangan Rowntree yang meliputi tahap perencanaan, pengembangan, dan evaluasi.Tahap evaluasi produk menggunakan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri atas tahap evaluasi diri, evaluasi ahli, evaluasi satu-satu, evaluasi kelompok kecil, dan uji lapangan.Penelitian pengembangan ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kabupaten Ogan Komering Ilir.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji validitas, kuesioner, dan tes.Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data kevalidan, analisis data kuesioner, dan analisis data tes.Setelah multimedia pembelajaran dikembangkan lalu dilakukan validasi oleh ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran.Kemudian multimedia pembelajaran tersebut diujicobakan secara one-to-one dan small group untuk menguji kepraktikalitasannya.Untuk mengetahui peningkatan keberhasilan multimedia pembelajaran yang dikembangkan ini dilakukan field test. Penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan teruji validitas, praktikalitas, dan efektivitasnya. Dibuktikan dari hasil uji coba yang dilakukan menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran PAI di SMP Islam Terpadu Bina Insani dinyatakan valid secara materi (content), desain instruksional (construct), dan media (layout) oleh ahli materi pelajaran, ahli desain instruksional, dan ahli media pembelajaran sehingga layak digunakan dalam pembelajaran PAI pada materi haji dan umroh.Multimedia Pembelajaran dalam pembelajaran PAI di SMP Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung dinyatakan praktis setelah diujicobakan kepada peserta didik kelas IX SMP Islam Terpadu Bina Insani Kabupaten Ogan Komering Ilir baik secara one-to-one maupun small group sehingga layak digunakan dalam pembelajaran PAI pada materi haji dan umroh.Pada tahap field test berdasarkan persentase perbandingan analisis rata-rata pretest sebesar 52,72 (dengan kategori kurang) dan post test dengan menggunakan multimedia pembelajaran sebesar 86,89 (dengan kategori sangat baik) yang menunjukkan peningkatan sebesar 34,17% terhadap ketuntasan siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini berarti multimedia pembelajarandalam pembelajaran PAI di SMP Islam Terpadu Bina Insani efektif terhadap hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru-guru dapat menggunakan media pembelajaran untuk pembelajaran siswa mandiri dan bagi peneliti lain sebagai referensi untuk mengembangkan multimedia pembelajaran dengan materi yang lainnya. Kata Kunci:pengembangan, multimedia pembelajaran, Sekolah Menengah Pertama

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? C1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 25 Sep 2020 05:46
Last Modified: 25 Sep 2020 05:46
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7434

Actions (login required)

View Item View Item