PENINGKATAN KOMPENTENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANYUASIN MELALUI LESSON STUDY BERBASIS KELOMPOK KERJA GURU

FARHIL, HUDA (2019) PENINGKATAN KOMPENTENSI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANYUASIN MELALUI LESSON STUDY BERBASIS KELOMPOK KERJA GURU. Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I fahrril.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Huda, Farhil. 2019. PeningkatanKompetensi Guru Pendidikan Agama Islam SekolahDasar di KabupatenBanyuasinmelalui Lesson Study BerbasisKelompokKerja Guru. Kata Kunci : lesson study, kompetensi guru, KKG PAI SD. Penelitian untuk meningkatkan kompetensi guru PAI SD di Kabupaten Banyuasin melalui lesson study berbasis KKG dilatarbelakangi hasil Uji Kompetensi Guru yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan KKG dan kompetensi guru sebelum lesson study; mendeskripsikan peningkatan kompetensi guru dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran, serta mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran melalui lesson study. Hasil penelitian memperlihatkan pelaksanaan kegiatan KKG PAI SD sebelum lesson studytelah sesuai dengan tujuan, peran, dan fungsinya. Namun, pola pelaksanaannya belum konsisten dan belum efektif. Kegiatannyadilaksanakan di tiapkecamatandenganfrekuensirendahsebanyak 3 sampai 4 kali per semester, yang diikutitidaklebihdari 75% darijumlah guru dengandukungandanasecaraswadanadaridanabantuanoperasionalsekolah. Isi kegiatanbelumberbasispadapermasalahannyata yang dialami guru, sifatnyahanyapengetahuansertabelumditerapkanpadapembelajaran di kelas.Kegiatanberlatihmemanfaatkanteknologiinformasidankomunikasisebagai media pembelajaran, berlatihmenuliskaryailmiah, melaksanakanpenelitiantindakankelas, melaksanakanpeerteachingdanlesson study hampirtidakpernahdilakukan. Hasil telaah RPP dan observasi pelaksanaan pembelajaran sebelum lesson study menginterpretasikan keterampilan dasar mengajar guru dan kualitas pembelajaran masih rendah. Perolehan nilai rata-rata kompetensi guru berada pada rentang skor 70 sampai 80 dengan kategori cukup (C). Melalui lesson study yang berlangsung dalam setiap siklus, kompetensi guru dalam merancang RPP dan melaksanakan pembelajaran berbasis TIK meningkat. Pada siklus I dan siklus II kompetensi guru meningkat pada rentang 80 sampai 90 kategori baik (B), dan pada siklus III berada pada rentang 90 sampai 100 kategori amat baik (A). Secara konseptual, guru cukup memahami lesson study sebagai model pembinaan peningkatan kompetensi dan kualitas pembelajaran.Secara praksis, implementasi lesson study telah dilaksanakan sesuai dengan kerangka kerja, plan, do, dan see yang mengindikasikan telah terjadi perubahan tradisi pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dan perbaikan kualitas pembelajaran. Implementasi lesson study berbasis KKG meningkatkankualitaspembelajarandankompetensiguru PAI SD dalammerancang RPP danmelaksanakan pembelajaran

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? C1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 28 Sep 2020 03:38
Last Modified: 28 Sep 2020 03:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7439

Actions (login required)

View Item View Item