HERI, ISKANDAR (2018) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, MOTIVASI BELAJAR, KEDISIPLINAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR RUMPUN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI )SISWA MAN DI KOTA PALEMBANG. Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I HERI.pdf Download (585kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian yang berjudul “ Hubungan Antara Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Kedisiplinan dan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Rumpun Pendidikan agama Islam (PAI) Siswa MAN di Kota Palembang” ini bertujuan untukmengetahuiadaatautidakadanyahubunganantarakecerdasan emosional (X1) dan prestasi belajar PAI siswa MAN di kota Palembang (Y), antaramotivasi belajar (X2) dan prestasi belajar PAI siswa MAN di kota Palembang (Y),antarakedisiplinan (X3) danprestasi belajarrumpun PAI siswa MAN di kota Palembang (Y), antara tingkat pendidikan orang tua (X4) dan prestasi belajar PAI siswa MAN di kota Palembang danantarakecerdasan emosional (X1), motivasi belajar (X2) kedisiplinan (X3) dan tingkat pendidikan orang tua (X4) secarabersama-samadenganprestasi belajarrumpun PAI siswa MAN di kota Palembang (Y). Penelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatif, dilakukan ditiga MAN di kota Palembang. Populasipenelitianberjumlah 2.743siswa, sampelnya 96siswa. Teknikpengumpulan data yang dilakukanadalahangketdandokumentasi. Instrumenpenelitian yang digunakanadalahangketuntukmemperoleh data kecerdasan emosional,motivasi belajar, kedisiplinan dan tingkat pendidikan orang tua. Sedangkandokumentasiuntukmemperoleh data prestasi belajar rumpun PAIsiswa. Analisis data yang digunakanuntukmengujikorelasidengan product moment dandilanjutkandengananalisisregresi linear berganda. Berdasarkananalisis data: (1) adahubungan positif yang sangat signifikanantarakecerdasan emosional dengan prestasi belajarrumpun PAIsiswa MAN di kota Palembang,karenakorelasi (r) antarakecerdasan emosional prestasi belajarrumpun PAIdidapatkankorelasi(r) adalah 0,457 dengansignifikansi 0,000, (2) adahubunganpositif yang sangatsignifikanantaramotivasi belajar dengan pretasi belajar rumpun PAI siswa MAN di kota Palembang, karenakorelasi (r) antaramotivasi belajar dengan prestasi belajar PAI siswa didapatkannilai(r) adalah 0,521dengansignifikansi 0,000, (3) adahubungan yang signifikanantarakedisiplinan dengan pretasi belajar rumpun PAI siswa MAN di kota Palembang,karenakorelasi (r) antarakedisiplinan dengan prestasi belajar rumpunPAI siswa MAN di kota Palembangdidapatkankorelasi(r) adalah 0,228dengansignifikansi 0,030 , (4) ada hubungan positif yang sangat signifikan antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar rumpun PAI siswa MAN di kota Palembang, karena korelasi (r) antara tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi belajar PAI siswa didapatkan korelasi(r) adalah 0,636 dengan signifikansi 0,000dan(5) secara simultan ada hubungan antara kecerdasan emosional (X1), motivasi belajar (X2), kedisiplinan (X3)dan tingkat pendidikan orang tua denganprestasi belajarrumpunn PAI siswa MAN di kota Palembang, karenaberdasarkan hasil analisis pada tabel ANOVA atau F tes, didapatkan F hitung sebesar 121,975 .Hasiltersebutkemudian dibandingkan dengan F tabel df= n-2 atau df= 96-2 = 94pada tingkat kepercayaan 95% atau a = 5% didapat F tabel 2,47. Jadi F hitung 121,975>2,47. Kata kunci: Kecerdasan emosional, motivasi belajar, kedisiplinan, tingkat pendidikan orang tuadanprestasibelajarrumpun PAI
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | PPS Pasca Sarjana |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 08:08 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 08:08 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7447 |
Actions (login required)
View Item |