KONSEP HARGA LELANG BARANG JAMINAN GADAI DALAM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG SIMPANG PATAL PALEMBANG) (Skripsi)

SUSANTI, SUSANTI (2016) KONSEP HARGA LELANG BARANG JAMINAN GADAI DALAM EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS PADA PEGADAIAN SYARIAH CABANG SIMPANG PATAL PALEMBANG) (Skripsi). Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUSANTI_FebEkoIslm.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Konsep harga lelang barang jaminan gadai dalam ekonomi Islam dan penerapan di Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Palembang pihak pegadaian melakukan surve ke pasar setempat dan pasar pusat untuk mengatur harga dasar lelang yang telah ditentukan dari pegadaian pusat. Harga dasar lelang adalah harga patokan untuk menentukan harga total minimal dari barang jaminan yang telah masuk tanggal lelang. Agar tidak menemukan kesalahan taksiran, barang ditaksir kembali untuk memperoleh harga penjualan lelang yang sebenarnya, harga lelang merupakan harga minimal pembelian suatu barang sehingga pembelian tidak boleh kurang dari harga tersebut. Biasanya barang yang telah masuk tanggal lelang pihak pegadaian memberitahukan kepada pihak nasabah bahwa barang jaminannya sudah jatuh tempo, jika nasabah dari barang jaminan tersebut tidak melakukan perpanjangan atau kompirmasi maka pihak pegadaian melakukan pelelangan terhadap barang jaminan tersebut. Dalam hal ini yang menjadi pelaksanaan lelang adalah pihak pegadaian dan yang menjadi pembeli adalah peserta lelang. Tujuan penelitian yang diangkat dalam tema diatas adalah untuk mengetahui bagaimana konsep harga lelang barang jaminan gadai dalam ekonomi Islam dan penerapan di Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Palembang dan untuk mengetahu bagaimana mekanisme penetapan harga lelang barang jaminan gadai dalam ekonomi Islam dan penerapan di Pegadaian Syariah Cabang Simpang Patal Palembang. Metode penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi. Data terkumpul dan dianalisis menggunakan model kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penetapan harga dalam ekonomi Islam dengan mempertimbangkan harga yang pantas yaitu harga yang adil yang memberikan perlindungan kepada nasabah. Dan konsep harga dalam sistem lelang adalah harga ditentukan oleh juru lelang melakukan surve ke pasar setempat dan pasar pusat. Tujuannya agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan pihak nasabah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Lelang, Gadai, Harga, Kualitatif, Wawancara, Deskriptif Kualitatif.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 03 Aug 2016 02:13
Last Modified: 03 Aug 2016 02:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/745

Actions (login required)

View Item View Item