PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM ERA GLOBALISASI DI PROVINSI BENGKULU

JULIANSYAH, JULIANSYAH (2018) PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA (NU) DALAM ERA GLOBALISASI DI PROVINSI BENGKULU. Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I JULIANSYAH (1).pdf

Download (716kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disertasi yang berjudul Pembaharuan Sistem Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama dalam Era Globalisasi di Provinsi Bengkulu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta dan fenomena dalam era globalisasi yang penuh dengan perubahan paradigma, perubahan kebutuhan, perubahan kebijakkan, sehingga mempengaruhi system nilai budaya (tradisi) suatu bangsa khususnya Indonesia. Dengan keberadaan Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) diharapkan tetap bisa dijadikan sebagai benteng pertahanan dalam menyelamatkan generasi-generasi anak bangsa dari dampak arus global yang sangat dahsyat, sehingga generasi-generasi anak bangsa bisa menjadikan informasi, pengetahuan dan teknologi yang canggih sebagai alat untuk mengembangkan kecerdasan intelektual emosional dan spiritual. Berangkat dari latar belakang tersebut, yang ingin dicari jawabannya adalah apa saja aspek-aspek pembaharuan sitem pendidikan Ma’arif Nahḍatul ‘Ulamā’ NUdalam era globalisasi di Provinsi Bengkulu?., Kemudian apa faktor pendukung pembaharuan sitem pendidikan Ma’arif Nahḍatul ‘Ulamā’ (NU) dalam era globalisasi di Provinsi Bengkulu?, lalu apa faktor penghambat pembaharuan sitem pendidikan Ma’arif Nahḍatul ‘Ulamā’ (NU) dalam era globalisasi di Provinsi Bengkulu? Metode penelitan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis, Informan dalam penelitian ini adalah Pimpinan Nahdlatul Ulama, LP Ma’arif NU, tokoh agama, masyarakat, Kepala sekolah/madrsah, guru dan karyawan di bawah Lembaga Pendidikan Ma’arif NU di Provinsi Bengkulu. Adapun pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan Sosiologis dan desain penelitian menggunakan desain Fenomenologis dan Multi Kasus. Hasil Secara keseluruhan pembaharuan sistem pendidikan Ma’arif NU dilakukan dalam segala aspek pendidikan, seperti: tujuan, kurikulum, metode dan model pembelajaran, pendidik dan Tenaga kependidikan, dan jenis dan manajemen lembaga dari waktu ke waktu meskipun terdapat beberapa kekurangan. Fakta yang dapat dilihat secara global adalah semakin berkembangnya lembaga-lembaga pendidikan Ma’arif NU tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidai’yah dan Madrasah Aliayah (MA), serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sampai perguruan Tinggi .Dalam aspek pembaharuan yang sudah dihasilkan tidak terlepas dari suatu proses perjuangan dalam usahapembahruan pada sistem pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama dalam era globalisasi di Provinsi Bengkulu, kemudian yang menajdi faktor penghambat, yaitu karena belum maksimalnya sebagaian tenaga pendidik dan kependidikan, kurikulum belum rapi, sarana dan prasarana sebgaian sekolah atau madrasah masih kurang, masih rendahnya fungsi manajemen, baik perencanaan, pembinaan, pengawasan dan evaluasi. Adapun implikasi penelitian ini berdasarkan temuan hasil penelitian di atas, bahwa Gagasan, pemikiran, dan pembaharuan sistem Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama patut menjadi acuan bagi orang-orang yang bergelut dalam dunia pendidikan Islam. Kata Kunci: Pembaharuan,Pendidikan Ma’arif NU dan Era Globalisasi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 28 Sep 2020 08:50
Last Modified: 28 Sep 2020 08:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7452

Actions (login required)

View Item View Item