KARAKTERISTIK PENGELOLAAN KELAS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI : STUDI KASUS DI UIN SUNAN KALIJAGA, SYARIF HIDAYATULLAH DAN MAULANA MALIK IBRAHIM

TUTUT, HANDAYANI (2018) KARAKTERISTIK PENGELOLAAN KELAS DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI : STUDI KASUS DI UIN SUNAN KALIJAGA, SYARIF HIDAYATULLAH DAN MAULANA MALIK IBRAHIM. Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I TUTUT.docx

Download (56kB)

Abstract

Abstrak Rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah pertama, Bagaimana karakteristik pengelolaan kelas di UIN Sunan Kalijaga, Syarif Hidayatullah, dan Maulana Malik Ibrahim?, kedua, bagaimana persamaan dan perbedaanpengelolaan kelas di UIN Sunan Kalijaga, Syarif Hidayatullah, dan Maulana Malik Ibrahim?Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode etnografi dengan perspektif emik. Adapun Teknik Sampling dalam penelitian ini adalah : Kualitatif Purposive Sampling, Snowball, Grounded Theory. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: Observasi, wawancara/interview, dokumen. Adapun analisis data menggunakan reduction, display dan verification. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas di tiga UIN Ini semuanya terlaksana dengan baik, baik itu dari sisi pengelolaan mahasiswa, pengelolaanmaterial kelas dan pengelolaan komponen pembelajaran. Adapun yang menjadi karakteristikpengelolaan kelas di tiga UIN ini adalah: UIN Sunan Kalijaga (Pengelolaan kelas berbasis multikulturalisme), pertama, berusaha menanamkan menanamkan nilai-nilai kedamaian, cinta, menghargai, toleransi, kebahagiaan, tanggung jawab kejujuran, kerjasama, persatuan, rendah hati dan kesederhanaan, selain itu juga UIN Sunan Kalijaga berusaha menanamkan empat pilar UNESCO agar mahasiswa memiliki kecerdasan interpersonal.Kedua, mahasiswadituntut dapat menghasilkan research, product, dan event.Ketiga, integrasi keilmuan. Sedangkan karakteristik pengelolaan kelas UIN Syarif Hidayatullah (Pengelolaan kelas berbasisresearch university) sehingga mereka menerapkan classroom research. Sedangkankarakteristik pengelolaan kelas UIN Maulana Malik Ibrahim adalah (pengelolaan kelas berbasis bilingual university). Untuk mencapai maksud tersebut, dikembangkan ma’had atau pesantren kampus di mana seluruh mahasiswa tahun pertama harus tinggal di ma’had, sehingga konsepat ta’limu al muta’allimutetap ada di UIN Maulana Malik Ibrahim. Karena itu, pendidikan di Universitas ini merupakan sintesis antara tradisi universitas dan ma’had atau pesantren.Selain memiliki karakteristik masing-masing, pengelolaan kelas di tiga UIN juga memiliki sisi persamaan. Adapun persamaanpengelolaan kelaspada ketiga UIN ini adalah :pertama, memotivasipada pengelolaan mahasiswa, dimana seorang pendidik harusmemotivasikepada mahasiswa agar memiliki kecerdasan interpersonal, menerapkan konsep menuntut ilmu menurut kitab at ta’limu al muta’allimu, memotivasimahasiswa memiliki sikap learning to know, learaning to be, learning to do dan learning to life together, memotivasimahasiswa harus dapat menghasilkan tiga hal yaitu research, product dan event, dan memotivasimahasiswa mengusai dua bahasa. kedua, yaitu memfasilitasipada pengelolaan material kelas, dalam hal pengelolaan fasilitas seorang pendidik memiliki kewajiban untuk memfasilitasi mahasiswa untuk meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa sehingga mahasiswa merasa senang, aman, dan belajar dengan baik di dalam kelas, ketiga adalah membentukpada pengelolaan komponen pembelajaran, dimana dosen harus dapat membentuk mahasiswa yang tidak hanya memiliki kemampuan kognitif namun juga harus memiliki kemampuan afektif dan psikomotorik. Kata kunci : Karakteristik, Pengelolaan Kelas

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 28 Sep 2020 09:34
Last Modified: 28 Sep 2020 09:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7455

Actions (login required)

View Item View Item