PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FITRIAH PADA MATA KULIAH ILMU TAUHID UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA

MASYKURILLAH, MASYKURILLAH (2018) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FITRIAH PADA MATA KULIAH ILMU TAUHID UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL MAHASISWA. Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB CD.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Masykurillah: “Pengembangan Model Pembelajaran Fitriah Pada Mata Kuliah Ilmu Tauhid Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Mahasiswa”. Disertasi. Palembang: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, 2017. Kecerdasan spiritual (SQ) merupakan kecerdasan tertinggi manusia, sekaligus sebagai landasan dan sumber bagi kecerdasan yang lain; kecerdasan intetektual (IQ) dan kecerdasan emosional(EQ). Salah satu faktor yang mempengaruhi SQ adalah lingkungan pendidikan yang jika di Perguruan Tinggi adalah pada dosennya. Sedangkan salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dosen dalam mendidik mahasiswa adalah kemampuan dosen dalam menggunakan model pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran dapat meningkatkan SQ mahasiswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Model Pembelajaran Fitriah Pada Mata Kuliah Ilmu Tauhid untuk meningkatkan kecerdasan spiritual mahasiswa. Adapun permasalahannya, yaitu 1) Bagaimanakah desain Model Pembelajaran Fitriah? 2) Bagaimanakah implementasinya? dan 3) Bagaimanakah hasil evaluasi untuk mengetahui keefektifannya? Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan(research and development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang telah dimodifikasi. Uji coba terbatas dilakukan pada dua kelas dengan subjek penelitian berjumlah 65 mahasiswa. Sedangkan pada ujicoba diperluas dilaksanakan di enam kelas padalima Perguruan Tinggi Agama Islam yang ada di Lampung, dengan jumlah subjek penelitian 167 mahasiswa. Data diperoleh melalui angket, wawancara, observasi, dan test essay. Data untuk peningkatan SQ mahasiswa dianalisis menggunakan t test dengan bantuan SPSS. Hasil dari penelitian pengembangan ini, yaitu 1) Desain Model Pembelajaran memiliki tingkat validitas 4,68/sangat valid. 2) Implementasi Model Pembelajaran Fitriah dapat meningkatkan kecerdasan spiritual mahasiswa dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yang menunjukkan signifikansi 0,00 lebih kecil dari 0.05, dan penguasaan mahasiswa terhadap materi pembelajaran juga sangat baik berjumlah 86,13%. 3) Evaluasi terhadap penerapan model yaitu bahwa Model Pembelajaran Fitriah adalah model pembelajaran yang efektif meningkatkan kecerdasan spiritual mahasiswa. Hal itu dibuktikan dari hasil evaluasi terhadap: a) Kecerdasan spiritual mahasiswa, dimana hasil uji t menunjukkan ada perbedaan signifikan antara pretest dan posttest SQ mahasiswa. b) Tingginya penguasaan mahasiswa terhadap materi pembelajaran yaitu 80 % “sangat baik” dan 20 % “baik”. c) Tingginya respon mahasiswa terhadap keterterapan model yaitu 60 % sangat baik dan 40% baik. d) Tingginya respon dosen terhadap keterterapan unsur model pembelajaran yaitu 1) sintaks sebesar 90,8 %. 2) Sistem Sosial sebesar 84 %. 3) Prinsip Reaksi 91,4 %. 4) Sistem Pendukung 88,6 %. 5) Dampak Intruksional 93,2 %.Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Fitriah pada mata kuliah Ilmu Tauhid dapat meningkatkan kecerdasan spiritual mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 29 Sep 2020 07:41
Last Modified: 29 Sep 2020 07:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7457

Actions (login required)

View Item View Item