KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PASCASERTIFIKASI SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi Kuantitatif Guru PAI MTs Negeri Se-Kota Palembang)

NURLAILA, NURLAILA (2018) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PASCASERTIFIKASI SERTA FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA (Studi Kuantitatif Guru PAI MTs Negeri Se-Kota Palembang). Doctoral thesis, UIN REDEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I NURLAI.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian disertasi berjudul “Kompetensi Pedagogik Guru Pascasertifikasi serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya (Studi Kuantitatif Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Tsanawiyah Negeri se-Kota Palembang” bertujuan menganalisis kompetensi pedagogik guru PAI pascasertifikasi meliputi memahami karakteristik peserta didik, menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik, pengembangan kurikulum, kegiatan pembelajaran yang mendidik, pengembangan potensi peserta didik, komunikasi dengan peserta didik, penilaian dan evaluasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi pedagogik di antaranya faktor motivasi, usia, jenis kelamin, latar belakang pendidikan, pengalaman, jalur sertifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang digunakan adalah survei penjelasan (explanatory survey method). Sampel berjumlah 17 guru PAI terdiri atas 9 guru PAI MTs Negeri 1 dan 8 orang guru PAI MTs Negeri 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dokumentasi, uji validitas, uji reliabelitas. Teknik analisa data menggunakan analisis deskritif, uji asumsi/prasyarat, uji hipotesis, analisis bivariat, dan analisis multivariat. Hasil penelitian terhadap kompetensi pedagogik guru PAI menunjukkan kompetensi kategori rendah berjumlah 12 orang (70,6%), kategori tinggi berjumlah 5 orang (29,4%), dan hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p > 0,05, hasil nilai p= 0,221.Tidak ada pengaruh faktor usia terhadap kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p > 0,05 nilai yang diperoleh p= 0,388. Tidak ada pengaruh faktor jenis kelamin terhadap kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p > 0,05. Tidak ada pengaruh faktor latar belakang pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru. Hasil uji statistik Chi Square diperoleh nilai p = 0,873. Tidak ada pengaruh faktor pengalaman mengajar terhadap kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p = 0.768. Tidak ada pengaruh faktor jalur sertifikasi terhadap kompetensi pedagogik guru PAI. Hasil uji statistik Chi Square didapatkan nilai p =0.022. Ada pengaruh faktor motivasi terhadap kompetensi pedagogik guru PAI MTs Negeri se-Kota Palembang. Temuan penelitian hasil analisis bivariat menunjukkan variabel motivasi memiliki nilai p < 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh faktor motivasi terhadap kompetensi pedagogik guru PAI Pascasertifikasi MTs Negeri se-Kota Palembang. Kata kunci : Kompetensi pedagogik, guru PAI, pascasertifikasi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: Pascasarjana > Program Doktoral > 86008 - Pendidikan Agama Islam (S3)
Depositing User: PPS Pasca Sarjana
Date Deposited: 29 Sep 2020 09:08
Last Modified: 12 Jan 2022 04:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7461

Actions (login required)

View Item View Item