UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DAN MEDIA KANTONG BILANGAN DI KELAS I SD NEGERI 53 LUBUK LINGGAU

NOVITASARI, RIYANTI (2020) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BERHITUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERNYANYI DAN MEDIA KANTONG BILANGAN DI KELAS I SD NEGERI 53 LUBUK LINGGAU. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi BAB I.pdf

Download (834kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB II.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB III.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB IV.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini adalah Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Berhitung dengan Menggunakan Metode Bernyanyi dan Media Kantong Bilangan di Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau. Adapun fokus penelitiannya yaitu (1) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan berhitung siswa dengan menggunakan metode bernyanyi di kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau; (2) Kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan metode bernyanyi untuk mengatasi kesulitan berhitung siswa kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau; (3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan berhitung siswa dengan menggunakan media kantong bilangan di kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau; (4) Kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media kantong bilangan untuk mengatasi kesulitan berhitung siswa kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau; dan (5) Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah guru menggunakan metode bernyanyi dan media kantong bilangan dalam pembelajaran berhitung di kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau.Untuk mengetahui hal tersebut maka peneliti melakukan penelitian di SD Negeri 53 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah Upaya Guru dalam Mengatasi kesulitan Berhitungdengan MenggunakanMetode Bernyanyi danMedia KantongBilangan. Informannya adalah guru yang berkaitan dengan objek penelitan tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi serta triangulasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) upaya guru dalam mengatasi kesulitan berhitung siswa dengan menggunakan metode bernyanyi di Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau yaitu guru mengajar sambil bernyanyi dengan menggunakan lagu yang telah ditentukan dan dikaitkan dengan materi berhitung agar siswa-siswa Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau lebih tertarik dan mudah memahami materi berhitung yang diajarkan. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan metode bernyanyi untuk mengatasi kesulitan berhitung siswa Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau adalah sulit dalam menentukan lagu yang cocok, karena nada lagu yang digunakan harus cocok apabila liriknya diganti dengan materi berhitung yang diajarkan. Selain itu, guru juga harus mampu mengkondisikan siswa pada saat menggunakan metode bernyanyi. (3) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan berhitung siswa dengan menggunakan media kantong bilangan di Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau yaitu guru mengajar dengan menggunakan media berupa kantong bilangan. Media berupa kantong bilangan yaitu beberapa kertas origami yang dibentuk menyerupai kantong-kantong sehingga dapat dimasukkan barang berupa sedotan sebagai alat pendukungnya. (4) Kendala yang dihadapi guru dalam menggunakan media kantong bilangan untuk mengatasi kesulitan berhitung siswa Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau adalah guru kesulitan dalam mengkondisikan siswa di kelas, hal itu dikarenakan antusias siswa yang sangat tinggi untuk mencoba kantong-kantong bilangan yang telah disiapkan oleh guru. (5) Hasil belajar yang diperoleh siswa setelah guru menggunakan metode bernyanyi dan media kantong bilangan dalam pembelajaran berhitung di Kelas I SD Negeri 53 xii Lubuklinggau yaitu meningkat. Namun selain dilihat dari hasil belajar siswa, semangat belajar dan motivasi siswa Kelas I SD Negeri 53 Lubuklinggau juga ikutmeningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 16 Oct 2020 03:30
Last Modified: 16 Oct 2020 03:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7731

Actions (login required)

View Item View Item