YUNIARSI, YUNIARSI (2020) PENGARUH PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI DI SMA NEGERI 19 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (47kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) mempengaruhi hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif yang menggunakan C4, C5, dan C6 pada materi usaha dan energi di kelas X MIPA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 19 Palembang secara online pada tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini menggunakan posttest-only control design yang merupakan bagian dari trueeksperimen design. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 72 peserta didik yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik random sampling. Rata-rata nilai posttets yang didapat kelas eksperimen sebesar 78,00 sedangkan kelas kontrol sebesar 71.75. Data yang didapatkan pada saat penelitian dianalisis menggunakan program IBM SPSS 16.0. Hasil sig. (2 tailed) yang di dapatkan dari perhitungan uji hipotesis Independen Sample Test sebesar 0,002 dimana nilai sig. (2 tailed) < 0,005 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dalam penelitian ini dapat dinyatakan bahwa pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) mempengaruhi hasil belajar peserta didik kelas X MIPA pada ranah kognitif yang menggunakan C4, C5, dan C6 pada materi usaha dan energi di SMA Negeri 19 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan STEM Hasil Belajar |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 02 Dec 2020 04:29 |
Last Modified: | 02 Dec 2020 04:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7945 |
Actions (login required)
View Item |