STUDI TENTANG PARTISIPASI GURU DALAM PEMBINAAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PARADIGMA PALEMBANG

GOFUR, ABDUL (2020) STUDI TENTANG PARTISIPASI GURU DALAM PEMBINAAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
8. New Bab I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. New Bab V.pdf

Download (115kB) | Preview

Abstract

Secara sederhana tugas guru adalah mengarahkan dan membimbing para anak didik agar semakin meningkat pengetahuannya, semakin mahir keterampilannya, semakin terbina dan berkembang potensinya. Di sisi lain guru pun dituntut untuk memperhatikan perkembangan moral dan mental spritual siswa. Athiyah Al-Abrasyi dalam hal ini menyatakan bahwa “semua guru, semua yang bertugas menyampaikan mata pelajaran haruslah terlebih dahulu memperhatikan akhlak”. Dengan demikian, seorang guru harus memperhatikan tingkah laku siswa (akhlak) di dalam dan di luar kelas. Tanggung jawab tersebut bukan hanya tugas guru agama saja tetapi tugas dan kewajiban semua guru.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana partisipasi guru dalam pembinaan pengamalan ajaran agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Paradigma Palembang, Bagaimana pengamalan ajaran agama Islam siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Paradigma Palembang, bagaimana hubungan antara partisipasi guru dengan pembinaan pengamalan ajaran agama Islam siswa.Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti menggunakan beberapa metode penelitian antara lain: populasi dan sampel. Adapun jenis penelitiannya menggunakan penelitian kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Guru-guru Madrasah Tsanawiyah (MTs) Paradigma Palembang sudah berpartisipasi baik dalam pembinaan pengamalan ajaran Islam siswa belum secara optimal. Siswa yang menyatakan bahwa guru-guru belum berpartisipasi secara baik hanya 26% (13 orang dari 58 orang siswa yang diteliti). Sedangkan yang lainnya menjawab sedang (51,72%) dan tinggi (25,86%). Pengamalan ajaran Islam siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Paradigma Palembang dalam keadaan baik. Kalaupun ada siswa yang pengamalan ajaran Islamnya termasuk tidak baik maka siswa seperti itu frekuensinya sangat kecil sekali yaitu hanya 5,17%. Sedangkan yang pengamalan ajaran Islamnya tergolong baik ada 89,65% dan sedang 5,17 %. Dari analisis statistik diperoleh hasil sebagai berkut: 0,325 < 1,651 > 0,250 angka ini menunjukkan bahwa harga phi lebih kuat dari pada harga “r” tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1% sehingga dapat disimpulkan bahwasannya ada hubungan yang signifikan antara partisipasi guru dalam mengikuti kegiatan keagamaan dengan pengamalan ajaran agama Islam siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PARTISIPASI GURU DALAM PEMBINAAN PENGAMALAN AJARAN AGAMA ISLAM
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 02 Dec 2020 04:37
Last Modified: 02 Dec 2020 04:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7946

Actions (login required)

View Item View Item