FENOMENA PERMAINAN GAME ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF ONE DIMENSIONAL MAN HERBERT MARCUSE

PEBRI YANTO, SOBRI (2020) FENOMENA PERMAINAN GAME ONLINE DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM UIN RADEN FATAH PALEMBANG DITINJAU DARI PERSPEKTIF ONE DIMENSIONAL MAN HERBERT MARCUSE. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB III.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB IV.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
skripsi BAB V.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini adalah studi tentang Fenomena permainan game online di kalangan mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Di Tinjau Dari Perspektif “One Dimensional Man” Herbert Marcuse. Game online adalah sebuah permainan yang sedang trend di era globalisasi saat ini, kehadiran game online ini memberikan suatu warna baru bagi kehidupan pergaulan generasi milenial tak terkecuali mahasiswa. Fenomena kecanduan game online yang mempunyai kecenderungan merusak generasi muda ini mempunyai karakteristik yang hampir sama seperti halnya fenomena kecanduan-kecanduan yang lain. Terutama implikasinya bagi mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang yang berdampak positif yakni melatih penggunaan bahasa asing seperti bahasa Inggris serta bisa juga menghasilkan uang jika tekun memainkannya. Kemudian dampak negatifnya adalah membuang waktu, menimbulkan kecanduan, adanya perubahan sikap dan perilaku, merusak kesehatan. Metode penelitian dalam penelitian dalam skripsi ini dikaji dengan metode penelitian kualitatif, yaitu kajian lapangan (field research). Hasil penelitian ini ditemukan bahwa yang mendorong para mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam menjadi kecanduan bermain game online adalah karena (1) Sebagai hiburan dan mengisi waktu luang (2) Rasa penasaran dan sudah lama bermain game online (3) Banyak jenis game online serta adanya tingkat kesulitan tersendiri dari setiap genre game online (4) Adanya free wifi yang ada di Fakultas Fusphi serta game online bisa dimainkan dimana saja. Sedangkan perspektif teori “One Dimensional Man” melihat bahwa Fenomena Game Online yang tengah terjadi pada mahasiswa Fusphi terdapat beberapa poin pemikiran dari Herbert Marcuse yang sesuai dengan kondisi rill mahasiswa Fusphi adalah membuat mereka menjadi larut bermain game online tanpa memperdulikan lingkungan sekitar mereka, game online juga menjadi semacam kebutuhan tersendiri bagi mahasiswa Fusphi, game online juga membuat perkuliahan mereka menjadi terganggu seperti terlambat masuk kelas saat jam kuliah, lupa membuat tugas kuliah, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 600 Teknologi > Teknologi (umum), Ilmu Terapan
?? TT ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Dec 2020 01:50
Last Modified: 03 Dec 2020 01:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7964

Actions (login required)

View Item View Item