PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUASIA KELAS XI SMA/MA

FIFI, FIFI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED FREE INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUASIA KELAS XI SMA/MA. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-converted.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang sebagian besar berupa materi hafalan, sehingga menyebabkan peserta didik sulit dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem pencernaan manusia kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian Eksperimental Design dengan desain penelitian The Group PretestPosttest Design. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 68,88 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 88,00. Adapun rata-rata nilai pretest kelas kontrol 70,88 dan nilai rata-rata posttest kelas kontrol 80,16. Nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen adalah sebesar 60,0785 atau 61% termasuk dalam kategori efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 9,52% dan maksimal 93%. Sementara untuk rata-rata N-gain score untuk kelas kontrol adalah sebesar 31,9038 atau 31,90% termasuk dalam kategori tidak efektif. Dengan nilai N-gain score minimal 0% dan maksimal 54,17%. Berdasarkan data diatas diketahui nilai signifikansi (Sig) untuk semua data uji Kolmogrov-Smirnov 200 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Nilai signifikan (Sig) Base on Mean adalah sebesar 0,066 > 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa varians data posttest kelas eksperimen dan data posttest kelas kontrol adalah sama atau homogen. Pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran MFI untuk pretest kelas eksperimen dengan posttest kelas eksperimen. Pada nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran MFI untuk pretest kelas kontrol dengan posttest kelas kontrol. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Modified Free Inquiry (MFI) terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran sistem pencernaan manusia Kelas XI SMA/MA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Modified Free Inquiry Keterampilan Berpikir Kreatif Sistem Pencernaan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 03 Dec 2020 08:01
Last Modified: 03 Dec 2020 08:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/7989

Actions (login required)

View Item View Item