PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X1 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

DIANA, ELLY (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS X1 DI SMK MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
A. BAB I.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
E. BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran PAI kelas XI disebabkan karena dengan metode pembelajaran sehingga siswa kurang antusias dalam mengikuti pelajaran di kelas. Melalui metode Cooperative Script diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini. 1. Bagaimana hasil belajar siswa di Smk Muhammadiyah 1 Palembang? 2. Bagaimana pengaruh model cooperative script terhadap hasil belajar siswa di Smk Muhammadiyah 1 Palembang. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-beran dilakukan. Adapun sampel dalam penelitian ini mengambil 2 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas XI Tkj 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Tkj 1 sebagai kelas kontrol, yang masingmasing kelas berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes(Post-Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol). Untuk tes analisa data penulis menggunakan analias uji “t”. Hasil belajar siswa kelas XI Tkj 2 (Kelas eksperimen) yang menerapkan metode pembelajaran Cooperative Script yaitu memperoleh nilai rata-rata 75, tergolong tinggi ada 12 orang siswa dengan presntase 24%, tergolong sedang ada 17 orang siswa dengan presntase 62%, dan tergolong rendah ada 5 orang siswa dengan presntase 14%. Sedangkan hasil belajar siswa kelas XI Tkj 1 (Kelas kontrol) yang tidak menerapkan metode pembelajaran Cooperative Script yaitu memperoleh nilai rata-rata 65, tergolong tinggi ada 6 orang siswa dengan presntase 49%, tergolong sedang ada 12 orang siswa dengan presntase 16%, dan tergolong rendah ada 17 orang siswa dengan presntase 35%. Hal ini dapat dilihat dari hasil post-test. Hal ini dapat dilihat dari hasil post-test. Dapat dilihat dari hasil uji “t” yang besarnya xvii diperoleh dalam perhitungan (to = 9.40) sedangkan besarnya t yang tercantum pada tabel t (tt.ts5% = 2.00 dan tt.ts 1% = 2.65). dengan rincian 2.00< 9.40 > 2.65. maka Hipotesis nihil (Ho) yang diajukan ditolak. Ini berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan metode Cooperative Script dan hasil belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan metode Cooperative Script.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: MODEL COOPERATIVE SCRIPT MATA PELAJARAN PAI
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:22
Last Modified: 04 Dec 2020 02:22
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8011

Actions (login required)

View Item View Item