WILYAN, RIZKI RAMADHANI (2020) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERKARAKTER ISLAMI PADA MATERI GELOMBANG BUNYI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA SMA KELAS XI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I WILYAN-converted.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V WILYAN-converted.pdf Download (33kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berkarakter Islami pada materi gelombang bunyi terhadap penguasaan konsep siswa SMA kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Palembang pada Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dan desain penelitiannya menggunakan Non Equivalent Control Group Desaign. Adapun untuk teknik sampling yang dipilih ialah Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini ialah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masiing kelas berjumlah 34 orang siswa, sehingga jumlah seluruh sampel yang digunakan berjumlah 68 orang siswa. Pengumpulan data melalui uji instrumen penelitian dan uji prasyarat, sehingga hasil yang diperoleh dari perhitungan uji-t (uji hipotesis) dengan Paired Samples T-test menggunakan IBM SPSS 16.0 pada 0,000 Sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dengan ini dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh dari model Problem Based Learning berkarakter Islami pada materi gelombang bunyi terhadap penguasaan konsep siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning (PBL) Karakter Islam Penguasaan Konsep |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 04 Dec 2020 04:29 |
Last Modified: | 04 Dec 2020 04:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8020 |
Actions (login required)
View Item |