BADRIYAH, FINA (2020) KONSEP 4M (MENGETAHUI, MENCINTAI, MENGINGINKAN, MENGERJAKAN) PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF RATNA MEGAWANGI DAN RELEVANSINYA DALAM MENCIPTAKAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS DI MTs N 1 PALEMBANG). Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
Text
skripsi BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
skripsi BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
|
Text
skripsi BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (521kB) |
|
Text
skripsi BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
|
Text
skripsi BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) |
Abstract
Pendidikan karakter dan pendidikan akhlak ialah pendidikan nilai yang samasama menekankan pentingnya sebuah proses. Oleh sebab itu, keduanya sangat mengutamakan dan mementingkan latihan dan pembiasaan yang panjang. Pada proses latihan yang panjang serta berkesinambungan, seorang anak diberikan kebebasan dan kesempatan untuk dapat memahami, merasakan serta megamalkan perbuatan-perbuatan yang baik. Sebagaimana dengan kebijakan yang dilakukan oleh sekolah MTs Negeri 1 Palembang dalam menciptakan akhlak siswa yakni melalui pembiasaan, yang ditunjukkan dari beberapa kegiatan sekolah. Salah satu tokoh pendidikan karakter di Indonesia yakni Ratna Megawangi juga menawarkan motode dalam pembentukan karakter yakni konsep 4 M (mengetahui, mencintai, menginginkan, mengerjakan) kebaikan secara berkesinambungan. Maka, bagaimana sebenarnya kerelavanan antara konsep yang diperkenalkan oleh Ratna Megawangi dengan proses menciptakan akhlak siswa di MTs Negeri 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian studi kasus. Adapun pendekatan penelitian yaitu menggunakan pendekatan kualitatif. Selanjutnya metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, library research. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil analisis peneliti dapat disimpulkan bahwa konsep 4 M (Mengetahui, Mencintai, Menginginkan, Mengerjakan) pendidikan karakter perspektif Ratna Megawangi memiliki kerelevanan dalam menciptakan akhlak siswa di MTs Negeri 1 Palembang, karena akhlak atau karakter tidak dapat di bentuk hanya melalui proses pembelajaran secara teori, melainkan harus melibatkan aspek yang lain seperti emosi, kognitif, afektif, psikomotorik. Pendidikan karakter siswa merupakan sebuah proses untuk mengukir akhlak melalui proses mengetahui kebaikan, mencintai kebaikan, menginginkan kebaikan dan mengerjakan kebaikan. Ini menunjukkan proses pendidikan yang melibatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga akhlak mulia dapat terukir menjadi habit of mind, heart and hands.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 02:16 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:17 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8088 |
Actions (login required)
View Item |