PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DAARUL AITAM PALEMBANG

JANNAH, ROUDHOTUL (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP DAARUL AITAM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-RJ.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-RJ.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini “Penerapan Model Pembelajaran Coopertif Learning Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Dalam meningkatkan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Daarul Aitm Palembang”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam. Rumusan masalah dalam penelitian ini adakah perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas yang tidak diterapkan model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dengan kelas yang diterapkan model pembelajaran tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) pada mata pelajaran PAI di SMP Daarul Aitam Palembang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian eksperimen dengan teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi yang dilakukan observer dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian yaitu kelas VIII. Sampel penelitian marupakan siswa kelas VIII¹ dan VIII4 yang berjumlah 66 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik analisis data yaitu data yang telah diperoleh direkapitulasi, selanjutnya dianalisis dengan statistik mean, standar deviasi, rumus TSR, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji T. Temuan dari observasi aktivitas belajar siswa kelas kontrol tergolong dalam kategori sedang dengan persentase 8 siswa (24,24%) dalam kategori tinggi, 20 siswa dalam kategori sedang ( 60,60%) dan 5 dalam kategori rendah (15,15%). Aktivitas belajar siswa kelas kelas eksperimen masih tergolong dalam kategori sedang tetapi mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa dengan persentase 9 siswa (27,27 %) dalam kategori tinggi, 19 siswa dalam kategori sedang (57,57%) dan 5 siswa dalam kategori rendah (15,15%). Berdasarkan hasil uji t membuktikan bahwa hasil thitung lebih besar dari pada ttabel pada taraf signifikan 5% t_hitung=3,852 > t_(tabel )=1,668 maka Ho ditolak dan H_a diterima. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Daarul Aitam Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STAD dan Aktivitas Belajar
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:59
Last Modified: 17 Dec 2020 03:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8110

Actions (login required)

View Item View Item