RODYA, ELLA (2020) PENGARUH MOBILE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN GELOMBANG BUNYI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I-ER.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-RR.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
Usia pelajar merupakan pengguna internet tertinggi dalam survey yang dilakukan oleh APJII. Tingginya pengguna internet dikalangan pelajar harusnya dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan pendidikan di Indonesia. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran akan memudahkan siswa dalam proses menemukan pengalaman belajarnya. Pemanfaatan mobile learning diharapkan mampu berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mobile learning terhadap hasil belajar fisika menggunakan model discovery learning pada pokok bahasan gelombang bunyi. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2019 di SMA Negeri 1 Air Saleh Banyuasin. Adapun sampel penelitian pada penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol Tahun Ajaran 2018/2019. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa yaitu 35 siswa pada setiap kelasnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian True Experiment Design yang menggunakan desain Postest Only Control Design. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis Mann Withney, dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan pengambilan keputusan pada uji hipotesis Mann-Whitney, apabila nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka dapat diputuskan bahwa “Ha diterima”. Hal ini berarti bahwa mobile learning berpengaruh terhadap hasil belajar fisika. Nilai post test pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai post test kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Learning Discovery Learning Hasil Belajar Fisika Gelombang Bunyi |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 17 Dec 2020 04:39 |
Last Modified: | 17 Dec 2020 04:39 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8120 |
Actions (login required)
View Item |