PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI ALAT OPTIK

SUSILAWATI, SUSILAWATI (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) FISIKA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PADA MATERI ALAT OPTIK. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I-SS.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-SS.pdf

Download (534kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi alat optik yang valid; (2) menghasilkanLembar Kerja Peserta Didik (LKPD) fisika berbasis Project Based Learning (PjBL) pada materi alat optik yang praktis. LKPD berbasis PjBL ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMA Nurul Iman Palembang terhadap peserta didik kelas XI. Adapun tahapan yang dilakukan ketika melalukan penelitian terdiri dari tahap awal penelitian yaitu define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian. Tahap designmerupakan perancangan LKPD, serta angket respon peserta didik. Tahap develop, pada tahap ini produk awal LKPD divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi untuk memperoleh kelayakan produk yang telah dirancang berdasarkan hasil validasi dan saran serta komentar validator. Tingkat kelayakan LKPD diperoleh dari validator ahli materi, Bahasa dan media yang dianalisis menggunakan Sbi. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan secara terbatas pada peserta didik kelas XII IPA sebanyak 10 peserta didik. Hasil ujicoba terbataspada peserta didik kelas XII, kemudian uji operasional dilakukan setelah melakukan perbaikan dari ujicoba terbatas pada kelas XII. Hasil akhir uji operasional yang dilakukan pada kelas XI IPA sebanyak 35 peserta didik guna untuk mengetahui kepraktisan LKPD. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) telah dihasilkan LKPD berbasis PjBL yang valid. Ditinjau dari penilaian kelayakan oleh validator ahli materi yang memperoleh skor rata-rata sebesar 62,5dengan kategori baik, ahli bahasa yang memperoleh skorsebesar 41 dengan kategori sangat baik dan ahli media yang memperoleh skor sebesar 61,5 dengan kategori baik; (2) Hasil angket respon peserta didik menunjukkan bahwa LKPD berbasis Project Based Learning dapat memenuhi kriteria sangat praktis dengan nilai 91%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: LKPD PjBL Valid dan Praktis
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 17 Dec 2020 04:57
Last Modified: 17 Dec 2020 04:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8122

Actions (login required)

View Item View Item