PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG

IMELDA, LINA (2017) PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMA ‘AISYIYAH 1 PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI IMELDA LINA (12221035).pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode group investigation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas X SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exprimental design dengan desain posttest only control design, populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X yang ada di SMA ‘Aisyiyah 1 Palembang tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa 110 siswa. Penelitian ini mengambil dua kelas sebagai sampel yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X.IPS 1 dengan jumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X.IPS 2 berjumlah 35 siswa sebagai kelas ekprimen. Penelitian itu dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan. Pertemuan pertama sampai ketiga diberi perlakuan yaitu kelas eksprimen dengan metode group investigation dan kelas kontrol dengan metode konvensional pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pada pertemuan keempat, kedua kelas dilakukan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika setelah diberi perlakuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa tes hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Persentase ketuntasan hasil belajar yang diperoleh siswa pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 82.85% dan 51.42% dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 77.63, sedangkan kelas kontrol sebesar 67.71. Data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 4,1471 dan dengan α = 0,05 diperoleh ttabel = 1,995 yang berarti thitung> ttabel yaitu 4,1471> 1,995. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima artinya terdapat pengaruh metode group investigation terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GA Mathematical geography. Cartography
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Apr 2017 03:00
Last Modified: 13 Apr 2017 03:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item