MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG

SIDIK, IKHWAN (2020) MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL FURQON PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kover.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan manajemen program Adiwiyata di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palembang, 2) Mendeskripsikan peningkatan karakter peduli lingkungan siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Bertempat di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palembang. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Ketua Tim Adiwiyata, guru dan siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model interaktif yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen program Adiwiyata di SDIT Al-Furqon Palembang sudah diimplementasikan dengan baik. Fungsi perencanaan dilakukan dengan cara: menentukan tujuan, merumuskan keadaan saat ini, mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan, dan mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan. Fungsi pengorganisasian dilakukan dengan cara: memastikan bahwa proses pengorganisasian yang dilakukan mengacu pada rencana dan tujuan yang telah ditetapkan, menentukan tugas utama, membagi tugas kepada individu sesuai dengan tugas utama yang telah dibuat, mengalokasikan sumber daya. Fungsi pelaksanaan dilakukan dengan cara memenuhi 4 komponen Adiwiyata yakni: kebijakan berwawasan lingkungan kurikulum berwawasan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. Fungsi pengawasan dilakukan dengan cara: menentukan standar yang akan digunakan sebagai dasar pengawasan, membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan standar dan menentukan penyimpangan jika ada, dan melakukan tindakan perbaikan jika terdapat penyimpangan. 2) Peningkatan karakter peduli lingkungan pada peserta didik di SDIT Al-Furqon Palembang terlihat melalui sikap peserta didik dalam: Pertama mencegah kerusakan lingkungan (perawatan lingkungan, pengurangan penggunaan plastik, pengelolaan sampah sesuai jenisnya, pengurangan emisi karbon, dan penghematan energi). Kedua memperbaiki kerusakan alam (penanaman pohon, pemanfaatan barang bekas). Kata Kunci : Manajemen, Program Adiwiyata, Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? LB1501 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:27
Last Modified: 09 Mar 2021 02:27
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8418

Actions (login required)

View Item View Item