STRATEGI MANAJEMEN MASJID AL-ISLAM MUHAMMAD CHENG HO PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA RELIGI.--

CRISDIANA, GITA (2020) STRATEGI MANAJEMEN MASJID AL-ISLAM MUHAMMAD CHENG HO PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA RELIGI.--. Other thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
1.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pokok permasalahan dari penelitian ini adalah strategi manajemen Masjid AlIslam Muhammad Cheng Ho Palembang dalam meningkatkan daya tarik wisata religi. Dalam penelitian ini ada dua rumusan masalah yang pertama, apa saja faktor yang menjadi daya tarik objek wisata religi di Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho, yang ke dua, bagaimana strategi manajemen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho dalam meningkatkan daya tarik wisata religi. Adapun tujuannya yang pertama, Untuk mengetahui faktor yang menjadi daya tarik wisata religi di Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho, yang ke dua untuk mengetahui strategi manajemen Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho dalam meningkatkan daya tarik wisata religi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dengan data primer dan skunder. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini bahwa strategi manajemen yang digunakan oleh Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang dalam meningkatkan daya tarik wisata religi pertama dengan pelayanan pengunjung masjid, kebersihan dilingkungan masjid, ke dua yaitu ceramah Agama setiap ba’da dzuhur, ceramah Agama malam rabu ba’da magrib, kegiatan bulanan dan tahunan seperti ceramah Agama yang mendatangkan ustad dari luar Palembang, selain itu mengadakan event-event hari besar Islam, ke tiga progam yang lain juga seperti penghafal Al-Qur’an, selain itu program dimasjid ini ada program pembinaan mualaf. Serta promosi tentang masjid ini ke sosial media, seperti facebook, youtube dll, selain itu pihak masjid juga menyediakan pemandu wisata apabila pengunjung ingin mengetahui tentang sejarah Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho Palembang. Daya tarik Masjid Al-Islam Muhammad Cheng Ho pertama, seperti dua menara dengan lima tingkat yang melambangkan rakaat wajib lima waktu dalam sehari, tinggi menara 17 meter melambangkan simbol jumlah rakaat wajib lima waktu dalam sehari, sementara diluar masjid terdapat menara yang dibubuhi ornamen khas Palembang berupa tanduk kambing (Pagoda), masjid Cheng Ho juga dilengkapi dengan dua menara yang masingmasing memiliki makna Habluminallah dan Habluminannas, masjid ini identik dengan warna merah dan hijau yang melambangkan kebudayaan Tionghoa, ke dua pada pintu utama masjid terdapat arsitektur Tionghoa, masjid ini juga memiliki desain arsitektur yang unik, yang memadukan unsur-unsur budaya lokal Palembang dengan nuansa Cina dan Arab. Kata kunci: strategi mananjemen, masjid, daya tarik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 13 Apr 2021 01:42
Last Modified: 13 Apr 2021 01:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8568

Actions (login required)

View Item View Item