Susanti, Evi (2017) PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM USAHA MEBEL DI CV. JATI KARYA PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
Evi Susanti (12190071).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi masih rendahnya etika bisnis terutama di mebel-mebel, setiap pengusaha/pedagang haruslah menerapkan etika dengan benar. Etika dengan sesama pengusaha, etika terhadap pelanggan, ataupun etika terhadap masyarakat. Dengan penerapan etika dengan benar, maka kegiatan bisnis yang dijalankan akan berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku dan tidak menyimpang. Sehingga tidak ada pihak manapun yang merasa dirugikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan etika bisnis di mebel CV. Jati Karya Palembang dan sudah sesuaikah dengan etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan atau alat analisa data melalui observasi langsung kelapangan, penyebaran kuesioner kepada 20 responden dan dilengkapi hasil wawancara lepas untuk menguatkan bukti fakta dari kuisioner yang disebar kepada responden, study kepustakaan dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu suatu tehnik analisa dimana semua data yang diperoleh dipaparkan terlebih dahulu kemudian menganalisanya dengan berpedoman pada sumber-sumber dalam bentuk kalimat-kalimat. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa etika atau perilaku yang diterapkan oleh CV. Jati Karya ini mayoritas mereka sudah menerapkan etika bisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Hal tersebut bisa dilihat pada masalah harga, produk dan kualitas barang yang mereka jual. Para pembeli di mebel CV. Jati Karya ini mendapat harga yang ekonomis, tidak murah dan tidak mahal. Mengenai barangnya, pembeli mendapatkan barang yang berkualitas dan mutu terjamin, tidak ada yang menggunakan sumpah serta tidak pernah mengingkari dalam hal perjanjian, mereka juga ramah dan sopan terhadap pembeli sehingga para pembeli merasa puas dan nyaman untuk membeli barang di mebel ini. Namun belum seratus persen maksimal. Seperti masih ada karyawan/i yang kurang ramah dan sopan terhadap pembeli, barang yang terkadang masih ada cacat fisik namun akan di perbaiki bila kesalahan dari mebel itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam, Mebel CV. Jati Karya |
Subjects: | 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 330 Ekonomi |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 04:51 |
Last Modified: | 09 Jun 2017 04:51 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/859 |
Actions (login required)
View Item |