PEBRIANI, EKA (2017) HUBUNGAN MODEL BERFIKIR INDUKTIF TERHADAP DAYA INGAT (MEMORY) SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY 1 ULU PALEMBANG.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
EKA PEBRIANI.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yaitu daya ingat siswa pada mata pelajaran fiqih materi infak dan sedekah, ini disebebkan oleh berbagai faktor, diantaranya guru masih menggunakan model atau metode yang konvensional serta dominasi guru dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif dan membosankan, juga menyebabkan rendahnya daya ingat. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan model pembelajaran berfikir induktif pada mata pelajaran fiqih kelas IV di Madrasah Ma‟had Islamy Palembang, bagaimanaDaya ingat siswa sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran berfikir induktif pada mata pelajaran fiqih kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟had Islamy Palembang dan bagaimana hubungan proses pembelajaran fiqih dengan model pembelajaran berfikir induktif terhadap daya ingat siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟had Islamy Palembang Skripsi ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menekankan pada suatu penelitian yang benar-benar dilakukan. Sampel dalam penelitian ini penulis mengambil 1 kelas untuk dijadikan sampel yaitu kelas IV saja yang berjumlah 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Untuk teknik analisa data dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa produk moment dan TSR. Berdasarkan analisa tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan model pembelajaran Berfikir Induktif pada mata pelajaran Fiqih kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟had Islami Palembang telah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah dibuat . Daya ingat siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟had Islami Palembang pada mata pelajaran Fiqih sebelum diterapkannya model Berfikir Induktif tergolong sedang. Terbukti dari persentase Daya Ingat siswa ada 6 siswa dengan persentase 20,68 % dapat dikategorikan tinggi, 14 siswa dengan persentase 48,27% tergolong sedang dan 9 siswa dengan persentase 31,03 % tergolong rendah. Daya ingat siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟had Islami Palembang pada mata pelajaran Fiqih sesudah diterapkannya model Berfikir Induktif tergolong sedang. Terbukti dari persentase Daya Ingat siswa ada 9 siswa dengan persentase 31 % dapat dikategorikan tinggi, 11 siswa dengan persentase 38% tergolong sedang dan 9 siswa dengan persentase 31 % tergolong rendah. Hubungan model pembelajaran Berfikir Induktif terhadap Daya Ingat siswa kelas IV pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟had Islami Palembang terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian maka 0,367 < 1,619> 0,470. Phi lebih besar dari pada “r” tabel , baik pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Maka dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Alternatif (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 05:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2017 05:33 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/863 |
Actions (login required)
View Item |