PENGARUH EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR STEK TANAMAN KACA PIRING (Gardenia jasminoides Ellis) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF TUMBUHAN KELAS IX SMP/MTS.[SKRIPSI]

RONI, ABDUL (2017) PENGARUH EKSTRAK BAWANG MERAH (Allium cepa L.) TERHADAP PERTUMBUHAN AKAR STEK TANAMAN KACA PIRING (Gardenia jasminoides Ellis) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN VEGETATIF TUMBUHAN KELAS IX SMP/MTS.[SKRIPSI]. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI - ABDUL RONI 12222002.pdf

Download (13MB) | Preview
Official URL: http://perpus.radenfatah.ac.id

Abstract

Kaca Piring (Gardenia jasminoides Ellis) merupakan sejenis tanaman perdu yang mempunyai berbagai macam manfaat dalam kehidupan. Tidak hanya dijadikan sebagai tanaman hias tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Reproduksi tanaman ini jarang menggunakan cara vegetatif melalui biji, dikarenakan membutuhkan waktu lama. Untuk itu, dapat dilakukan dengan cara vegetatif dengan menggunakan metode stek. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh ekstrak bawang merah (Allium ascalonicum L.) terhadap pertumbuhan akar stek tanaman kaca piring (Gardenia jasminoides Ellis). Penelitian ini berjenis kuantitaif dengan menggunakan metode eksperimen Rancangan Acak Lengkap (RAL). Penelitian ini dilaksanakan selama sebulan di kebun percobaan laboratorium IPA. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rerata tertinggi panjang akar yaitu sebesar 12,8 mm, jumlah akar sebesar 2,2 dan berat akar sebesar 28,6 mg. Dari hasil tersebut dilakukan uji lanjut yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh nyata terhadap parameter panjang akar karena F hitung > F tabel (5 > 2,67) pada taraf 5%. Sedangkan pada parameter jumlah akar dan berat akar tidak berpengaruh nyata dikarenakan F hitung < F tabel. Konsentrasi optimum yang terbaik terdapat pada perlakuan Y3 dengan konsentrasi sebesar 1,5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ekstrak bawang merah; kaca piring; metode stek; perakaran
Subjects: Q Science > QK Botany
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 09 Jun 2017 06:26
Last Modified: 09 Jun 2017 06:26
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item