Ekpektasi Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang terhadap Library Service pada UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang dengan Menggunakan Metode LibQual+™

Amna, Gayatri and Bety, S.Ag., M.A, Bety and Olivien, M. Hum, Novita (2021) Ekpektasi Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang terhadap Library Service pada UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang dengan Menggunakan Metode LibQual+™. Undergraduate Thesis thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
BAB I.docx

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai evaluasi kualitas layanan di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan berdasarkan harapan minimum (minimum), harapan ideal (desired), dan persepsi (perseived) pengguna perpustakaan dari selisih kesenjangan (gap) dengan menggunakan metode LibQual+TM berdasarkan kemampuan dan sikap pustakawan dalam melayani (service affect), fasilitas dan suasana ruang perpustakaan (library as place), petunjuk dan sarana akses (personal control) dan akses informasi (information access) serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas jasa pelayanan di UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang yang berkunjung ke perpustakaan sebanyak 45 responden, kepala perpustakaan dan beberapa tenaga perpustakaan UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan UPT Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang secara keseluruhan dari empat dimensi LibQual+TM menunjukkan bahwa Adequacy Gap (AG) bernilai negatif dengan skor -0,14 yaitu layanan yang diterima belum memenuhi harapan minimum yang dibutuhkan. Artinya pemustaka belum puas terhadap layanan perpustakaan sehingga membutuhkan penanganan lebih lanjut. Sedangkan analisis Superiority Gap (SG) bernilai negatif dengan skor -1,37 yang menunjukkan bahwa kualitas layanan perpustakaan berada dalam batas toleransi (zone of tolerance), namun belum mampu memenuhi harapan sesungguhnya yang diinginkan pemustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Z665 ??
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 26 Apr 2021 04:27
Last Modified: 10 Feb 2022 02:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8662

Actions (login required)

View Item View Item