PENGARUH LABELISASI HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI MEREK FORMULA (Studi Kasus Mahasiswa FakultasEkonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang)

HILDA, SAKINA (2017) PENGARUH LABELISASI HALAL DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI MEREK FORMULA (Studi Kasus Mahasiswa FakultasEkonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Hilda Sakina.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Gaya hidup halal telah menjadi trend masyarakat dunia. Mulai dari pangan dan produk halal lainnya seperti keuangan, fashion, kosmetik, dan obat-obatan. Selain labelisasi halal persoalan konsumen dalam memilih produk adalah harga produk. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan pengaruh labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pasta gigi merek Formula pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang. Variabel Dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian dalam membeli pasta gigi merek Formula (Y). Variabel independen adalah labelisasi halal (X1) dan harga (X2). Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dari populasi seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang aktif hingga tahun 2016/2017. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji regresi simultan (Uji F) dan uji regresi parsial (Uji T). Proses perhitungan dibantu program aplikasi software SPSS 16.0. Hasil penelitian uji t menunjukan bahwa labelisasi halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pasta gigi merek formula dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05. Hasil penelitian uji t menunjukan bahwa harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pasta gigi merek formula dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05. Hasil penelitian uji F menunjukan bahwa Labelisasi halal dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pasta gigi merek formula dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwaada pengaruh positif dan signifikan labelisasi halal dan harga terhadap keputusan pembelian pasta gigi merek Formula pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Labelisasi Halal, Harga, dan Keputusan Pembelian
Subjects: Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:41
Last Modified: 18 Feb 2022 03:42
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8790

Actions (login required)

View Item View Item