PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AWWAL PALEMBANG

MIRA, OKARIA (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-AWWAL PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Skripsi Mira Oktaria (12270090).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran fiqih sehingga siswa kurang konsentrasi dan terlihat bosan dalam proses pembelajaran. Melalui strategi pemebelajaran interaktif ini diharapkan agar siswa menjadi termotivasi sehingga semangat siswa dalam belajar dapat tumbuh dan meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a) Bagaimana Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang? b) Bagaimana Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang? c) Bagaimana Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang? Hasil dari penelitian yang peneliti lakukan yaitu, pertama, Penerapan strategi pembelajaran interaktif yang dipakai dalam proses mengajar mata pelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal palembang mempunyai katogori atau rating yang baik. Peneliti telah melakukan penerapan strategi pembelajaran interaktif berdasarkan lembar observasi guru yang diobserver oleh guru mata pelajaran fiqih kelas V yaitu bapak kaisar S.Pd.I. serta dilihat dari lembar observasi siswa bahwa sikap berdasarkan indikator motivasi dalam penerapan strategi pembelajaran interaktif memperoleh katagori yang baik. Kedua, Motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan strategi pembelajaran interaktif, dapat dilihat dari Hasil persentase angket motivasi belajar siswa sesudah dan sebelum diterapkanya strategi pembelajaran interaktif, diperoleh persentasi kategori tinggi sesudah diterapkan 36% sedangkan sebelum diterapkan 6%, sementara untuk kategori sedang sesudah diterapkan 49% sedangkan sebelum diterapkan 73%, dan untuk kategori rendah sesudah diterapkan 15% sedangkan sebelum diterapkan 21%. Nilai rata-rata sebelum yaitu 70,75 sedangkan Nilai rata-rata sesudah yaitu 83,25. Jadi motivasi siswa sebelum dilakukan penerapan masih kurang sedangkan sesudah diterapkan motivasi siswa meningkat. Ketiga, Dengan demikian to (yaitu sebesar 10,016) adalah jauh lebih besar daripada tt baik pada taraf signifikansi 5% = 2,04 maupun taraf signifikansi 1% = 2,75. Maka Hipotesis Alternatif diterima (Ha) yaitu Terdapat Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Awwal Palembang dan Hipotesis Nihil ditolak. Berarti antara Variabel X dan Y terdapat pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:55
Last Modified: 06 Jul 2021 08:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8858

Actions (login required)

View Item View Item