PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN (PAIRED STORYTELLING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTs. ASSALAFIYAH SUNGAI PINANG KAB. OGAN ILIR

FITRIYANAH, FITRIYANAH (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN (PAIRED STORYTELLING) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTs. ASSALAFIYAH SUNGAI PINANG KAB. OGAN ILIR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Fitriyanah 12210095.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Bercerita Berpasangan (Paired Storytelling) di MTs Assalafiyah dalam pelaksanaanya dilakukan secara pre test dan post test adalah proses perubahan sikap dan tingkah laku, maka dari ini penulis menerapkan model pembelajaran yang mampu merangsang siswa untuk lebih aktif. Adapun Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar siswa sebelum diterapkan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Bercerita Berpasangan (Paired Storytelling) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Assalafiyah Sungai Pinang, bagaimana motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran Bercerita Berpasangan (Paired Storytelling) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Assalafiyah Sungai Pinang, dan bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran bercerita berpasangan (Paired Storytelling) dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan menggunakan design penelitian One- Group Pretest-Posttest Design, yaitu dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diperlakukan. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus tes “t”. Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran bercerita berpasangan (paired storytelling) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Assalafiyah Sungai Pinang. Tujuan Untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa sesudah diterapkan model pembelajaran bercerita berpasangan (paired storytelling) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Assalafiyah Sungai Pinang. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran bercerita berpasangan (paired storytelling) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VIII di Mts Assalafiyah Sungai Pinang. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu : Pertama, Motivasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Bercerita Berpasangan (Paired Storytelling) di kelas VIII MTs Assalafiyah Sungai Pinang pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Abbasiyah, tergolong tinggi . Hal ini terbukti dari siswa yang mendapat skor tinggi sebanyak 12 orang (48%), siswa yang mendapat skor sedang sebanyak 9 orang (36%), dan siswa yang mendapat skor rendah adalah sebanyak 4 orang (16%), kedua Motivasi belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Bercerita Berpasangan (Paired Storytelling) di kelas VIII MTs Assalafiyah Sungai Pinang pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Abbasiyah , tergolong sedang. Hal ini terbukti dari siswa yang mendapat skor tinggi sebanyak 6 orang (24%), siswa yang mendapat skor sedang sebanyak 15 orang (60%), dan siswa yang mendapat skor rendah sebanyak 4 orang (16%). Penerapan model pembelajaran kooperatif teknik bercerita berpasangan di MTs Assalafiyah Sungai Pinang pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dinasti Abbasiyah, pree tes dan Post tes terdapat pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar, hal ini dapat dilihat dari hasil uji “t” yang menunjukkan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel yang berarti hipotesis Alternatif diterima, yaitu taraf signifikasi ttabel 5% sebesar 2,06 dan taraf signifikasi 1% sebesar 2,80. Dari hasil tersebut terlihat bahwa thitung 3,23 lebih besar dari taraf signifikasi 5 % dan taraf signifikasi 1 %

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 08:59
Last Modified: 06 Jul 2021 08:59
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8944

Actions (login required)

View Item View Item