HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 18 PALEMBANG

EFRIYANDI, EFRIYANDI (2018) HUBUNGAN SIKAP BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 18 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai Hubungan Sikap Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 18 Palembang. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan oleh peneliti, banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar PAI siswa kelas VIII, antara lain motivasi, intelegensi, emosional dan sikap belajar siswa. Sikap belajar siswa SMP N 18 Palembang sangat beragam, ada yang memiliki sikap belajar positif, dan negatif. Berdasarkan dari hal tersebut, rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana sikap belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 18 Palembang, bagaimana prestasi belajar pada mata pelajaran PAI peserta didik kelas VIII di SMP N 18 Palembang, dan adakah hubungan antara sikap belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui sikap belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 18 Palembang, mengetahui prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 18 Palembang, dan mengetahui seberapa besar hubungan sikap belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif-korelasional. Penelitian deskripsif dimaksudkan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu, atau mencoba menggambarkan fenomena secara detail. Sedangkan penelitian korelasional bertujuan untuk mengetahui seberapa besar korelasi atau hubungan antara variabel x dan y. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII di SMP N 18 Palembang sebanyak 340 siswa, dan sampel penelitian diambil secara acak / random sampling sebanyak 150 siswa. Analisis data menggunakan rumus product moment, untuk mengetahui hubungan dua variabel yaitu sikap belajar dan prestasi belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sikap belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 18 Palembang yaitu dalam kategori rendah sebanyak 20%, sedang sebanyak 47,4% dan tinggi sebanyak 32,6%. Sedangkan prestasi belajar PAI peserta didik kelas VIII di SMP N 18 Palembang dalam kategori skor secara keseluruhan memiliki kategori rendah sebanyak 11,3%, sedang 69,3%, dan tinggi sebanyak 19,3%. Adapun hasil perhitungan dari rumus korelasi product moment yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara sikap belajar dengan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI kelas VIII di SMP N 18 Palembang, dengan nilai rxy sebesar 0,465 termasuk dalam kategori cukup kuat. Adapun kontribusi variabel x (sikap belajar) terhadap variabel y (prestasi belajar) adalah sebesar 21,65%, sedangkan sisanya (78,35%) dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:00
Last Modified: 06 Jul 2021 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8951

Actions (login required)

View Item View Item