KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN NAWAWI AL-BANTANI

EFRIANTO, EFRIANTO (2016) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM PEMIKIRAN NAWAWI AL-BANTANI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Judul penelitian ini “Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran Nawawi Al-Bantani”. Persoalan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu, Sejak awal kehadirannya di muka bumi ini, Agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Sangat menaruh perhatian yang besar terhadap pembinaan sumber daya manusia melalui kegiatan pendidikan dalam berbagai bentuknya. Kondisi pendidikan Islam di Indonesia, sebenarnya menghadapi permasalahan yang sangat besar, jika ditilik secara mikro, pendidikan Islam menghadapi berbagai persoalan dan kesenjangan dari berbagai aspek yang kompleks, yaitu berupa persoalan dikotomi pendidikan, kurikulum, tujuan, sumber daya, serta manajemen pendidikan Islam. Upaya perbaikan internalisasi tersebut belum dilakukan secara mendasar hingga terkesan seadanya saja atau bahkan asal-asalan yang tidak memberi alternatif yang solutif. Syekh Nawawi telah banyak berjasa meletakkan landasan teologis dan batasan-batasan etis tradisi keilmuan di lembaga pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (lebrary research) dengan melakukan studi atau penelaahan secara teliti terhadap literatur-literatur yang berkaitan dengan pokok bahasan penelitian. Penulis menggunakan pendekatan ilmu pendidikan yaitu melakukan analisis tentang Pendidikan Islam, difokuskan pada lembaga pendidikan Islam yaitu Pesantren salaf. Metode analisis data yang digunakan yaitu Contens analysis yakni membahas secara mendalam terhadapa isi suatau informasi yang tertulis dalam media masa. Sumber yang akan dideskripsikan dengan analisis yang memadai adalah tentang Konsep Pendidikan Islam dalam Pemikiran Nawawi Al-Bantani. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu konsep pendididikan Islam Nawawi Al-Bantani difokuskan kepada lembaga Pendidikan Islam adalah Pesantren Salaf adalah salah satu lembaga pendidikan tradisional yang mengajarkan kitab-kitab klasik dengan metode pengajaran dan infrastrukturnya. Pengembangan pesantren salaf diantaranya sebagai berikut : a. Pendidikan Tauhid, b. kurikulum Pensantren salaf, c. Kitab Kuning, dan d. Melestariakan Tradisi Intelektual Islam (penulisan kitab, membentuk koloni jawa, dan mengembangkan lembaga dan sistem pendidikan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:00
Last Modified: 06 Jul 2021 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8954

Actions (login required)

View Item View Item