PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLADGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG LUBUK KABUPATEN OKI

BELA LAWIDA, PITU (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACTIVE KNOWLADGE SHARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TANJUNG LUBUK KABUPATEN OKI. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
kaset bela.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Active Knowladge Sharing (berbagi pengetahuan aktif) adalah salah satu strategi yang dapat membawa siswa untuk siap belajar materi pelajaran dengan cepat serta dapat digunakan untuk melihat tingkat kemampuan siswa untuk membentuk kerja sama tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Active Knowladge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan makanan pada manusia kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Lubuk Kabupaten OKI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Lubuk Kabupaten OKI yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dari 5 kelas populasi diambil dua kelas yang dijadikan sampel kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu VIII2 dan VIII3 dengan jumlah siswa sebanyak 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes Prestest dan posttest. Setelah data diperoleh dari hasil penelitian maka data tersebut dianalisis dengan 2 cara, yaitu dengan teknik analisis inferensial dan n-gain. Teknik inferensial digunakan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Active Knowladge Sharing terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowledge Sharing terhadap hasil siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Lubuk Kabupaten OKI. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan uji hipotesis posttest, didapat thitung > ttabel yaitu 3,505 > 1,675 dan hasil dari perhitungan uji hipotesis n-gain, didapat sig 0,133 < 0,05. Berdasarkan dengan dasar pengambilan keputusan ha diterima dan h0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan menggunakan strategi pembelajaran Active Knowladge Sharing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMP Negeri 2 Tanjung Lubuk Kabupaten OKI. Pada penelitian selanjutnya sebaiknya penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing dikombinasikan dengan strategi pembelajaran lainnya, agar terlihat kemampuan hasil yang lebih signifikaan antara kedua kelas yang dijadikan sampel penelitian

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:00
Last Modified: 06 Jul 2021 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8955

Actions (login required)

View Item View Item