PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X MA AL-FATAH PALEMBANG

BAITY, KHOIRIAH (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X MA AL-FATAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
muhamad kurniawan, NIM 14270075.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran aptitude treatment interaction terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika kelas X di MA Al-Fatah Palembang?. Penelitian ini merupakan penelitian true experimental design dengan kategori posstest only control design yang melibatkan 29 siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Tahapan penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pelaporan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes kemampuan pemahaman konsep siswa (aptitude testing) dengan indikator pemahaman konsep siswa tentang materi fungsi eksponensial. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji statistik yaitu uji t. Berdasarkan hasil tes diperoleh kemampuan pemahaman konsep siswa yang mencapai ketuntasan belajar pada kelas eksperimen adalah 72,4 dari 29 siswa dan kelas kontrol 24,1 dari 29 siswa. Dari pengujian hipotesis didapat thitung= dan ttabel =2,003, karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak artinya penggunaan model pembelajaran aptitude treatment interaction berpengaruh positif terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran matematika kelas X di MA Al-Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:00
Last Modified: 06 Jul 2021 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8956

Actions (login required)

View Item View Item