STUDI TENTANG PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DI MADRASAH ALIYAH (MA) PARADIGMA PALEMBANG

JIRO, DESTIAS (2018) STUDI TENTANG PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DI MADRASAH ALIYAH (MA) PARADIGMA PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
JIRO DESTIAS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Supervisi klinis merupakan suatu proses bimbingan kepada guru yang bertujuan untuk membantu pengembangan profesionalnya, khususnya dalam penampilan mengajar, berdasarkan observasi dan analisis data secara teliti dan obyektif. Atas dasar ini Kepala MA Paradigma secara sengaja meminta pengawas untuk melakukan supervisi klinis untuk memperbaiki performance guru. Untuk mengetahui secara objektif perihal di atas maka dilaksanakan penelitian ini. Rumasan masalah yang sengaja dimunculkan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana kegiatan belajar mengajar di MA Paradigma Palembang sebelum dilaksanakan supervisi klinis? Bagaimana pelaksanaan supervisi klinis di MA Paradigma Palembang? Apakah terdapat hubungan antara pelaksanaan supervisi klinis dengan kegiatan belajar mengajar di MA Paradigma? Berskenaan dengan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui kegiatan belajar mengajar di MA Paradigma. Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis di MA Paradigma. Untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan supervisi klinis dengan kegiatan belajar mengajar di MA Paradigma Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitattf dengan menggunakan 5 orang guru sebagai key informan dan 18 orang guru sebagai responden. Karena selain wawancara, penelitian ini menggunakan kuis untuk menguatkan data yang sudah diperoleh dari wawancara. Setelah data terkumpul kemudian diolah secara kualitatif. Ada tiga tahap yang dilakukan dalam análisis data ini (1) data reducation, maksudnya penulis merangkum hal-hal yang pokok dari data tersebut, (2) data display, maksudnya memilah-milah data berdasarkan kartu atau bagan dan (3) conclusión drawing or verification, artinya menyimpulkan dan memberikan taksiran atau memaknai data yang terkumpul. Dengan demikian akan dilakukan pengolahan dan perekaman data selanjutnya dengan pembenahan dokumentasi dan mencocokannya dengan data akurat. Berdasarkan análisis data dimaksud dapat dikemukakan hasil penelitian yaitu: 1. Kegiatan belajar mengajar guru-guru di MA Paradigma Palembang sebelum dilakukan supervise klinis terklasifikasi kurang baik. Dari tujuh aspek yang dinilai diperoleh nilai rata-rata 3 atau 20% untuk klasifikasi sudah melaksanakan sesuai indikator. Kemudian 4,43 atau 29,53% untuk klasifikasi sedang dan 7,57 atau 34,76% untuk klasifikasi tidak melaksanakan pengajaran sesuai indikator. 2. Pelaksanaan supervisi klinis di Madrassah Aliyah (MA) Paradigma sudah berjalan dengan baik walaupun belum maksimal. Dari 30 item supervisi kinis yang sudah dilaksanakan hanya 10 item (33,3%) yang terlaksana. 3. Ada hubungan antara pelaksanaan supervisi klinis dengan kegiatan belajar mengajar guru-guru di MA Paradigma. Dari hasil observasi diketahui bahwa kegiatan belajar mengajar guru-guru di MA Paradigma Palembang setelah dilakukan supervisi klinis terklasifikasi baik atau sesuai dengan yang diharapkan kendati belum optimal karena masih ada guru yang cara mengajarnya kurang baik. Dari tujuh aspek yang dinilai diperoleh nilai rata-rata 9 atau 59% untuk klasifikasi sudah melaksanakan sesuai indikator. Kemudian 4 atau 27% untuk klasifikasi sedang dan 2 atau 14% untuk klasifikasi tidak melaksanakan pengajaran sesuai indikator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:00
Last Modified: 06 Jul 2021 09:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8959

Actions (login required)

View Item View Item