PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MA AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS

SUTRI, LIANA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI MA AL-MUHAJIRIN KECAMATAN TUGUMULYO KABUPATEN MUSI RAWAS. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SUTRI LIANA (13222099).pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan pendewasaan peserta didik agar dapat mengembangkan bakat, potensi, dan keterampilan yang dimiliki dalam menjalani kehidupan. Saat ini banyak macam model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik salah satunya adalah model pembelajaran treffinger. Model pembelajaran Treffinger merupakan salah satu dari model yang menangani masalah kreativitas secara langsung. Pemahaman konsep adalah proses perbuatan untuk mengerti bensar tentng suatu rancangan atau suatu ide abstrak yang memungkinkan seorang untuk menggolongkan suatu objek atau kejadian, dan pemahaman konsep diperoleh melalui proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran biologi kelas XI di MA Al-Muhajirin Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas. Penelitian ini menggunakan metodel Quasi Eksperimental Design bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI IPA dengan tekhnik pengambilan sampel menggunakan Probability Sampling jenis Cluster Sampling. Dengan sampel penelitian kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 yang berjumlah 66 siswa. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes bentuk essay yang berjumlah 5 soal dan dokumentasi. Berdasarkan analisis hasil pemahaman konsep siswa menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep dilihat dari nilai N�gain pada kelas eksperimen yaitu 0,763 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol yaitu 0,657 dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil uji-t nilai thitung > ttabel sebesar (2,986 > 1,670) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran treffinger berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa di kelas XI MA Al-Muhajirin Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Musi Rawas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:01
Last Modified: 06 Jul 2021 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8972

Actions (login required)

View Item View Item