PENGARUH PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DI MIN 2 MODEL PALEMBANG

SUZANA, SUZANA (2017) PENGARUH PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DI MIN 2 MODEL PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
suzana 1327028.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di MIN 2 Model Palembang? (2)Bagaimana kemampuan membaca permulaan siswa sebelum dan sesudah di terapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di MIN 2 Model Palembang? (3)Apakah terdapat pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di MIN 2 model Palembang ? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre Eksperimental dengan menggunkan penelitian Eksperimen Designs bentuk One Grub Pretest-Posttest Design. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini dapat di kelompokan menjadi dua jenis yaitu: data kualitatif yaitu data berkenaan dengan profil sekolah, data mengenai keadaan keadaan guru, siswa pegawai serta sarana dan prasarana, dan data kuantitatif yaitu data yang diidentifikasi sebagai proses kerja yang berlangsung secara ringkas terbatas dan memilah-milah permasalahan menjadi bagian yang dapat diuikur dan dinyatakan dalam angka-angka. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua macam yaitu sumber data primer data ini berupa data yang dihimpun dari siswa berkenaan dengan kemampuan awal siswa dalam pelajaran bahasa Indonesia yaitu kemampuan membaca. Data sekunder data ini berupa arsip�arsip, sarana dan prasarana di MIN 2 Model Palembang serta dokumen-dokumen yang berkenaan dengan penelitian ini. Untuk memperoleh data penulis menggunakan yaitu: observasi untuk mengetahui kemampuan membaca siswa sebelum di terapkan metode struktural analitik sintetik di MIN 2 Model Palembang, tes dalam penelitian ini berupa tes lisan pre-tes dan post-test, wawancara untuk mengetahui keadaan siswa , dokumentasi untuk mendapatkan data objektif mengenai sarana dan prasaranah serta data sejarah perkembangan MIN 2 Model Palembang, dan analitis data yang digunakan yaitu test “t”. Dalam penelitian ini populasi yang dipakai hanya pada kelas II dan sampel yang digunakan yaitu clauter sampling yang berjumlah 38 orang. . Hasil penelitian (1) metode ini dilaksanakan dalam dua priode yaitu periode tanpa buku dan dengan buku yang dilaksanakan dalam 4 hari (2) Kemampuan membaca permulaan siswa kelas II A sebelum dan sesudah menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di MIN 2 Model Palembang tergolong baik. Hal ini terbukti dengan nilai Pre-test rata�rata 50 dan Posttest dengan nilai rata-rata 66 artinya kemapuan membaca permulaan siswa setelah diterapkan metode tersebut siswa mengalami peningkatan (3) dari perhitungan tes “t’’ di dapat nilai rata-rata siswa sebelum di terapkan 50 dan nilai rata-rata siswa sesudah diterapkan yaitu 66 Karena to telah diperoleh sebesar 2,95 sedangkan tt = 2,00 dan 2,65 maka to adalah lebih besar dari pada tt , baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% dengan rincian : -2,01 < 2,955 > 2,65. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa di MIN 2 Model Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:01
Last Modified: 06 Jul 2021 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8976

Actions (login required)

View Item View Item