PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI SHALAT DI SD DHARMAJAYAPALEMBANG

SITI, MUNTAMAH (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN PAI MATERI SHALAT DI SD DHARMAJAYAPALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
skripsi full siti.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang penerapan model pembelajaran mandiri pada mata pelajaran pendidikan agama islam materi sholat untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa di kelas IV SD Dharmajaya Palembang. Penerapan model pembelajaran mandiri ini dilakukan karena guru masih banyak terpaku dengan metode-metode klasikal, seperti hanya ceramah, mencatat materi, dan mengerjakan soal-soal yang ada didalam buku pelajaran siswa. Menurut peneliti hal ini belum begitu memberikan keaktifan siswa dalam belajar, sehingga kurang mendapatkan pemahaman tentang materi yang dipelajarinya. Permasalahan yang akan diteliti yakni tentang kreativitas belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran mandiri, kreativitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran mandiri, dan perbedaan kreativitas belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran mandiri. Tujuannnya adalah untuk mengetahui kreativitas belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran mandiri, kreativitas belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran mandiri, dan untuk mengetahui perbedaan kreativitas belajar sebelum diterapkan model pembelajaran mandiri dan setelah diterapkan modle pembelajaran mandiri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian experimen Two group pre - test post- test design, yaitu satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol diukur variabel dependennya ( pre – test ), kemudian diberikan stimulus, dan diukur kembali dependennya ( post- test ), ada kelompok pembanding. Setelah peneliti perhitungkan dengan menggunakan rumus uji ― T ―, terdapat perbedaan kreativitas belajar yang signifikan antara hasil belajar sebelum dan setelah diterapkannya model pembelajaran mandiri. Nilai ― t ― yang terdapat pada t0 adalah jauh lebih besar dari ― t ― tabel, baik pada taraf signifikan 5 % maupun pada taraf 1 % ( 206<3,559>2,78). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran mandiri dapat memberikan keaktifan kepada siswa, meningkatkan kreativitas belajar siswa dan dapat digunakan dalam pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:01
Last Modified: 06 Jul 2021 09:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8978

Actions (login required)

View Item View Item