KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU RAUDHATUL ULUM SAKATIGA

FATMAWATI, FATMAWATI (2017) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM TERPADU RAUDHATUL ULUM SAKATIGA. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD FITRA (13210013).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat terpenting dalam suatu sekolah, baik buruknya suatu sekolah sering kali tergantung pada faktor pemimpin. Selain itu, kepemimpinan kepala sekolah merupakan suatu hal yang sangat penting dalam manajemen berbasis sekolah. Perilaku kepala sekolah harus dapat mendorong kinerja para guru maupun staf dengan menunjukkan rasa bersahabat, dekat dan penuh pertimbangan, baik secara individu maupun sebagai kelompok. Manajemen Berbasis Sekolah merupakan salah satu wujud reformasi pendidikan yang memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengatur kehidupan sesuai dengan potensi, tuntutan, dan kebutuhannya. Dan kepala sekolah dituntut untuk senantiasa meningkatkan efektifitas kinerja. Dengan begitu, Manajemen Berbasis Sekolah sebagai paradigma baru pendidikan dapat memberikan hasil yang memuaskan. Berdasarkan observasi awal di sekolah menengah atas Islam terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga sudah menerapkan manajemen berbasis sekolah, namun dalam praktiknya belum terealisasi dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah serta kendala dan upaya dalam penerapan manajemen berbasis sekolah di sekolah menengah atas Islam Terpadu Raudhatul Ulum Sakatiga. Metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian kualitatif, dan data dikumpulkan dengan wawancara/interview yaitu tanya jawab sistematis berlandaskan tujuan penelitian, observasi yaitu mengamati proses kerja kepala sekolah, dan dokumentasi yaitu pengambilan data dari dokumen yang telah didokumentasikan seperti tulisan, gambar dan lain sebagainya. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara reduksi data (merangkum dan memilih hal-hal pokok), penyajian data, verifikasi (penarikan kesimpulan) dan Triangulasi data (memeriksa keabsahan data dengan metode, sumber dan waktu yang berbeda). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : pertama, Kepemimpinan kepala sekolah dalam penerapan manajemen berbasis sekolah sangat menentukan maju atau tidak nya suatu sekolah, dilihat dari kepemimpinan kepala sekolah sebagai figur kunci dalam mendorong perkembangan dan kemajuan sekolah. kepemimpinan kepala sekolah dalam mempengaruhi personil sekolah yaitu melalui pendekatan yang dilakukan dengan berbicara dari hati ke hati merupakan salah satu cara untuk mempengaruhi, mengarahkan, membimbing dan mengelola dalam ruang lingkup internal maupun eksternal sekolah mampu mewujudkan tujuan pendidikan yang berkualitas, dan penerapan manajemen berbasis sekolah baik pada aspek kurikulum dan pembelajaran sudah berjalan cukup baik, kedua: Tidak adanya kendala yang terjadi begitu signifikan, ketiga: Upaya yang dilakukan dengan perbaikan secara terus menerus untuk mewujudkan sekolah efektif, efisien dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:02
Last Modified: 06 Jul 2021 09:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8983

Actions (login required)

View Item View Item