PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG

AYU CITRA, PRATIWI (2016) PENERAPAN STRATEGI PRACTICE REHEARSAL PAIRS (PRAKTEK BERPASANGAN) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH IBTIDAIYAH DAARUL AITAM PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran Depan (Daftar Isi_ Abstrak).pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ayu citra.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 ayu citra.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3 ayu citra.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4 ayu citra.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 ayu citra kesimpulan.pdf

Download (379kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Fiqih harus dilaksanakan dengan strategi tertentu disesuaikan dengan karakteristik materi. Penerapan strategi pembelajaran perlu dilakukan secara bervariasi agar siswa tidak jenuh selama pembelajaran. Namun kenyataannya masih banyak guru yang belum maksimal dalam menggunakan strategi pada proses pembelajaran, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi serta timbul sikap acuh dan bosan terhadap materi yang akan disajikan. Jadi salah satu strategi yang dapat dipergunakan untuk proses belajar mengajar fiqih yaitu strategi pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) pada mata pelajaran Fiqih kelas II di MI Daarul Aitam Palembang, mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas II di MI Daarul Aitam Palembang, dan mengetahui bagaimana pengaruh penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Fiqih di MI Daarul Aitam Palembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain eksperimen. Desain eksperimen adalah penelitian dengan melakukan percobaan terhadap kelompok eksperimen. Dalam mengambil objek penelitian, penulis mengambil populasi kelas II dan sebagai sampelnya kelas II.B yang berjumlah 32 siswa di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang. Untuk mengambil data, penulis menggunakan data kualitatif dan kuantitatif, untuk mengumpulkan data-data penulis menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi, setelah data tersebut dikumpulkan kemudian direkapitulasi selanjutnya dianalisis menggunakan statistik yaitu mean, standar deviasi dan presentase, dan untuk mengetahiu pengaruh antar variabel digunakan peta kolerasi product moment. Hasil dari penelitian ini penerapan strategi Practice Rehearsal Pairs terhadap hasil belajar siswa, masih terbatas karena guru menerapkan strategi pembelajaran untuk menghindari kejenuhan belajar pada siswa. Yang kedua yaitu terhadap hasil belajar siswa kelas II pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Daarul Aitam Palembang, maka dapat dikategorikan yaitu dapat dilihat 11 (34%) mengatakan hasil belajar siswa dikategorikan tinggi, 13 (41%) responden dikategorikan sedang dan 8 (25%) kebawah termasuk kategori rendah. Dalam rangka uji coba terhadap penerapan atau keampuhan teknik baru, dilaksanakan penelitian lanjutan dengan mengajukan Hipotesis Nihil yang menyatakan: Hal ini terbukti dari hasil perhitungan dengan membandingkan besarnya “t” yang diperoleh dalam perhitungan (to=13,330) dan besarnya “t” yang tercantum pada Tabel Nilai t (tt.ts.5%= 2,03 dan tt.ts.1%=2,72) maka dapat diketahui bahwa to adalah lebih besar daripada tt: yaitu 2,03 < 13,330 > 2,72 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:02
Last Modified: 06 Jul 2021 09:02
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8984

Actions (login required)

View Item View Item