PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DI MTS ISLAMIYAH SUKACINTA LAHAT

LOLA, HARDEDE (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS VII DI MTS ISLAMIYAH SUKACINTA LAHAT. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran selalu menggunakan metode konvensional, sehingga guru yang lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kurangnya keaktifan siswa, kesulitan memahami materi Biologi dan rendahnya kesadaran belajar Biologi siswa berdampak pada hasil belajar yang tidak mencapai KKM. Timbal balik sangat diperlukan dalam proses pembelajaran dikelas. Hal tersebut dapat dicapai dengan penerapan metode yang tepat sehingga dapat menarik minat siswa untuk memberikan respon positif terhadap pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa pada materi Keanakaragaman Makhluk Hidup. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Islamiyah Sukacinta pada bulan Februari sampai dengan Maret 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian static group comparison design tipe posttest-only control design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII MTS Islamiyah Sukacinta yang terdiri dari 2 kelas jumlah tiap kelas rata-rata 34 siswa, dengan kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIB sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel dilakukan menggunakan Sampling Jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda. Hasil analisis kedua kelas menggunakan uji-t diperoleh untuk thitung = 7,64 sedangkan ttabel dengan taraf 5% artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Data hasil nilai rata-rata posttest siswa menunjukkan kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 73,02 61,32. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan metode pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada materi keanekaragaman makhluk hidup di MTS Islamiyah Sukacinta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 500 Sains dan Matematika > 500 Sains (Umum)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:06
Last Modified: 06 Jul 2021 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8990

Actions (login required)

View Item View Item