MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH QUR’ANIAH 5 PALEMBANG

SITI SYAFIRAH, YULIANI (2017) MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI METODE CARD SORT PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH QUR’ANIAH 5 PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI....pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MI Qur’aniah 5 Palembang yang berjudul “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Card Sort Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Qur`Aniah 5 Palembang” Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu pada minat belajar siswa yang rendah. Hal itu ditunjukkan dalam proses pembelajaran keinginan siswa dalam belajar rendah, siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pembelajaran Al-Qur’an Hadist. Gejala�gejala tersebut ditunjukkan dengan beberapa sikap siswa seperti tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak ada ketertarikan terhadap materi yang dijelaskan oleh guru, siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan siswa sering membuat keributan di dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Card Sort dan pengaruh penggunaan metode Card Sort terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di MI Qur’aniah 5 Palembang. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Card Sort dan pengaruh penggunaan metode Card Sort terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Al�Qur’an Hadist di MI Qur’aniah 5 Palembang. Manfaat dari penelitian ini adalah dapat dijadikan bahan informasi sebagai masukan bagi guru dalam menggunakan metode serta dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam belajar. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 orang siswa. Adapun jenis penelitian ini Field research, untuk mendapat data, penulis melakukan dengan memberikan angket, jadi metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi, angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rumus tes “t” Fisher’s. Hasil penelitian menunjukkan: Minat belajar siswa dengan menggunakan metode Card Sort mengalami peningkatan nilai dari penilaian pre-tes siswa yaitu meningkat menjadi pos-tes. Minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist sebelum menggunakan metode Card Sort tergolong dalam kategori rendah. Hal ini terlihat dari distribusi frekuensi skor dan persentasi TSR dimana ada 5 siswa (25%) yang menjawab tinggi, 9 siswa (45%) yang menjawab sedang dan ada 6 siswa (30%) yang menjawab rendah. Minat belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist setelah menggunakan metode Card Sort tergolong kategori tinggi. Hal ini terlihat dari distribusi frekuensi skor dan persentasi TSR dimana ada 14 siswa (70%) yang menjawab tinggi, 6 siswa (30%) yang menjawab sedang dan ada 0 siswa (0%) yang menjawab rendah. Terdapat perbedaan minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Card Sort. Karena berdasarkan perbandingan nilai “t” yang terdapat pada t0 adalah lebih besar dari pada “t” tabel. Hipotesis ditolak Karena 6 ˃ 2,09 atau thitung ˃ ttabel maka H0 ditolak yang mana minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode Card Sord memberikan pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Al�Qur’an Hadist pada materi surah Al-Lahab di kelas IV MI Qur’aniah 5 Palembang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:06
Last Modified: 06 Jul 2021 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8992

Actions (login required)

View Item View Item