ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN DALAM PRESPEKTIF TEORI SKINNER

MUHAMMAD, NAJMI (2017) ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI PAYARAMAN DALAM PRESPEKTIF TEORI SKINNER. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aktivitas belajar merupakan serangkaian kegiatan fisik atau jasmani maupun mental atau rohani yang saling berkaitan sehingga tercipta belajar yang optimal. Dalam aktivitas belajar ini peserta didik haruslah aktif mendominasi dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingg amengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Dengan kata lain dalam beraktivitas peserta didik tidak hanya mendengarkan dan mencatat seperti yang dijumpai disekolah-sekolah yang melakukan pembelajaran secara konvensional. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini pertama adalah bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS kelas VA di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman dalam prespektif teori Skinner, kedua bagaimana cara guru agar siswa mendengarkan dan disiplin dalam belajar, tujuan penelitian ini adalah mengetahui aktivitas siswa dalam belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman dan untuk mengetahui kelas cara guru agar siswa mendengarkan dan disiplin dalam belajar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Payaraman. Skripsi ini merupakan jenis penelitian evaluatif atau lebih tepatnya evaluasi implementasi. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA Madrasah Ibitidaiyah Negeri Payaraman, guru kelas, dan kepala sekolah. Adapun alat pengumpul data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, untuk dijadikan sebagai pelengkap data Dari analis aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas VA maka diperoleh kesimpulan, pertama, aktivitas belajar siswa berjalan denganbaik seperti proses belajar pada umumnya, seluruh siswa memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru dan juga mendengarkan perintah yang diberikan guru, secara keseluruhan aktivitas siswa dalam belajar berjalan lancar, namum ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan materi. Kedua, hambatan yang dihadapi guru dalam pelaksaan aktivitas belajar guru tidak terlalu berat, secara keseluruhan dalm proses belajar berjlan baik, namun ada beberapa siswa yang kurang mendengarkan materi yang dijelaskan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:06
Last Modified: 06 Jul 2021 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/8996

Actions (login required)

View Item View Item