AIDAH, AIDAH (2019) PENGARUH PENGGUNAAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VI MADRASAH IBTIDAIYAH RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OGAN ILIR. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
MY TESIS TERBARU.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tesis ini berjudul “Pengaruh Penggunaan Quantum Teaching Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Sakatiga”. Hal ini dilatar belakangi bahwa pendekatan dan model pembelajaran selama ini lebih bersifat normatif, lebih mengutamakan aspek kognitif dan cenderung mengabaikan ranah afektif dan psikomotorik. Dalam proses pembelajaran hanya berpusat pada guru (teacher centered) Quantum Teaching adalah pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada nuansa pemberian pengalaman belajar kepada siswa dengan dominasi keaktifan lebih berada pada siswa (student centered). Oleh karena itu pokok masalahnya adalah Bagaimana pengaruh penggunaan Quantum Teaching terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Sakatiga, dan apakah terdapat hubungan yang positif antara motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Sakatiga setelah menggunakan Quantum Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dihimpun melalui angket, tes, dokumentasi, wawancara dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan Quantum Teaching , siswa lebih bersemangat dan antusias mengikuti pelajaran, enjoy, tidak merasa bosan dan jenuh didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran yang dimiliki oleh Madrasah Ibtidaiyah Raudhatul Ulum Sakatiga yang sudah cukup memadai. Hasil penelitian menyatakan bahwa berdasarkan data motivasi belajar siswa setelah menggunakan Quantum Teaching diperoleh nilai rata-rata 97, 80. Sedangkan hasil belajar siswa setelah menggunakan Quantum Teaching diperoleh nilai rata-rata 75,23. Dan terdapat hubungan yang positif antara motivasi dan hasil belajar siswa yang didukung oleh peran guru yang piawai dalam mendesain pembelajaran, mampu menumbuhkan dan memperkuat motivasi belajar siswa maka akan berdampak terhadap prestasi dan hasil belajar siswa. Adapun rekomendasi yang dapat penulis berikan pada akhir penelitian ini adalah sebagai berikut : Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian ini dapat menjadi salah satu informasi dan referensi untuk selanjutnya menginstruksikan kepada guru untuk menerapkan metode, model, serta pendekatan pembelajaran yang bervariasi. Kepala sekolah agar senantiasa mendukung segala bentuk usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan, para guru untuk diikut sertakan dalam pembinaan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalitas guru. Bagi semua guru untuk memberi kesempatan dan membantu siswa dalam mengembangkan berbagai aktivitas dan kreatifitas. Guru juga harus menguasai secara utuh tentang disiplin ilmu yang diajarkan, selalu mengakses perkembangan terbaru tentang dunia pendidikan, meningkatkan kompetensi dan profesionalitas diri. Bagi siswa agar dapat mengembangkan daya nalar, sikap kritis, kreatifitas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (Umum) |
Divisions: | ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 09:06 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 23:12 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9000 |
Actions (login required)
View Item |