PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA AL-HIKMAH DESA TAJA INDAH KABUPATEN BANYUASIN

SIPRI, YANTI (2018) PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN ANAK MEMBACA AL-QUR’AN DI TPA AL-HIKMAH DESA TAJA INDAH KABUPATEN BANYUASIN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SIPRI YANTI 12210229.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Kemampuan Anak Membaca Al-Qur‟an di TPA Al-Hikmah Desa Taja Indah Kabupaten Banyuasin”. Rumusan masalah dalam penelitian ini pertama Bagaimana bimbingan orang tua pada anak di TPA Al-Hikmah Desa Taja Indah Kabupaten Banyuasin? Kedua, Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur‟an anak di TPA Al-Hikmah Desa Taja Indah Kabupaten Banyuasin? Dan ketiga, Apakah ada hubungan yang signifikan antara bimbingan orang tua terhadap kemampuan anak membaca Al-Qur‟an di TPA Al-Hikmah desa taja indah kabupaten banyuasin? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat bimbingan orang tua dan mengetahui tingkat kemampuan membaca Al-Qur‟an anak di TPA Al-Hikmah Desa Taja Indah Kabupaten Banyuasin anak serta mengetahui pengaruh bimbingan orang tua terhadap kemampuan anak membaca Al-Qur‟an di TPA Al-Hikmah Desa Taja Indah Kabupaten Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah korelasional kuantitatif. Jenis data ada dua yaitu, data kualitatif berupa observasi dan wawancara dengan orang tua tentang bimbingan orang tua kepada anak , dengan guru tentang proses pelaksanaan pembelajaran dan dengan kepala TPA tentang profil TPA. Sedangkan data kuantitatif berupa jumlah guru, jumlah orang tua, jumlah siswa/santri, sarana dan prasarana. Sumber data dalam penelitian ada dua, yaitu sumber data primer meliputi kepala TPA, orang tua, dan siswa/santri. Sedangkan data sekunder meliputi dokumentasi dari pihak TPA serta buku/literatur. Populasi siswa dalam penelitian ini adalah siswa/santri yang berjumlah 110 anak dari populasi tersebut diambil sampel 50% dengan jumlah 55 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, angket, dokumentasi, tes dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data adalah analisis deskriktif kuantitatif. Selanjutnya menggunankan rumus TSR dan presentase kemudian menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah: pertama, bimbingan orang tua anak tinggi berjumlah 19 orang (35%), sedang berjumlah 24 orang (44%), dan rendah berjumlah 12 orang (21%). Jadi, bimbingan orang tua anak di TPA Al�Hikmah Desa Taja Indah Kabupaten Banyuasin, tergolong kategori sedang. Kedua, kemampuan anak membaca Al-Qur‟an tinggi berjumlah 12 orang (22%), sedang berjumlah 32 orang (58%), dan rendah berjumlah 11 orang (20%). Jadi, kemampuan anak membaca Al-Qur‟an di TPA Al-Hikmah Desa Taja Indah Kabupaten Banyuasin tergolong kategori sedang. Ketiga, Bimbingan Orang Tua memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Kemampuan Anak Membaca Al-Qur‟an di TPA Al-Hikmah Desa Taja Indah Kabupaten Banyuasin. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan rxy sebesar 0,992 dan dikonsultasikan dengan r tabel maka taraf signifikansi 5% maupun 1% yaitu 0,273 < 0,992 > 0,354. Dengan demikian Ha atau Hipotesis Alternatif diterima dan Ho atau Hipotesisi Nihil ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:06
Last Modified: 06 Jul 2021 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9001

Actions (login required)

View Item View Item