PENGARUH SARANA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR

MUHAMMAD FUAD, AKBAR (2018) PENGARUH SARANA BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 2 SEMENDAWAI BARAT KABUPATEN OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD FUAD AKBAR (14210150).pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu minimnya pemanfaatan sarana belajar dalam kegiatan pembelajaran oleh guru, ada kelas yang belum memiliki perlengkapan kelas yang lengkap dan terdapat siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah. Permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana sarana belajar di SMP Negeri 2 Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur?, Bagaimana motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur? Dan Adakah pengaruh sarana belajar terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari sarana belajar terhadap motivasi belajar siswa pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur. Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan rancangan analisis statistik. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII dan kelas XI terdiri dari tujuh kelas. Dengan jumlah populasi adalah 199, dari populasi tersebut diambil 25% atau 50 sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus mean, standar deviasi, TSR dan persentase serta menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian ini adalah yang pertama sarana belajar yang ada di SMP Negeri 2 Semendawai Barat dikategorikan sedang dengan perolehan 56%. Kedua, motivasi belajar siswa yang ada di SMP Negeri 2 Semendawai Barat dikategorikan sedang dengan perolehan 78%. Ketiga, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sarana belajar terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Semendawai Barat. Hal ini terlihat bahwa rxy (0,449) lebih besar dari pada rtabel menggunakan taraf signifikan 5% adalah 0,278 dan pada taraf signifikan 1% adalah 0,361. Dengan demikian , maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa sarana belajar terhadap motivasi belajar memiliki peranan penting dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:06
Last Modified: 06 Jul 2021 09:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9002

Actions (login required)

View Item View Item