SITI ALFIATUN, HASANAH MATERI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI TASAWUF (Telaah Pemikiran Al-Ghazali). “MATERI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI TASAWUF (Telaah Pemikiran Al-Ghazali)”.. (Submitted)
|
Text
Artikel.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisis multidimensi yang tengah melanda bangsa, diawali oleh demoralisasi dalam dunia pendidikan yang belum memberi ruang untuk berperilaku jujur. Menyikapi permasalahan ini, khasanah pendidikan Islam sebenarnya telah lama memiliki konsep pendidikan karakter khususnya dalam pemikiran al-Ghazali yang syarat akan nilai-nilai spiritualitas. Namun, pemikiran al-Ghazali tersebut belum terpetakan dalam tiga ranah materi pendidikan. Untuk itu penelitian ini akan menggali konsep materi pendidikan karakter berbasis nilai-nilai tasawuf dalam pemikiran al-Ghazali yang terdiri dari tiga ranah, kognitif, afektif dan psikomotorik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Adapun teknik analisis data yang diterapkan di sini adalah deskriptif interpretatif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, serta menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pendidikan karakter dalam pemikiran tasawuf al�Ghazali terdapat dalam ilmu mu’amalahnya (sebelum seseorang mencapai ilmu mukasyafah), di mana ilmu tentang halal haram, sifat diri yang terpuji dan tercela adalah ilmu yang fungsinya untuk diamalkan. Dengan demikian, nilai-nilai tasawuf akhlaki yang terangkum dalam ‘ilmu mu’ȃmalah, sebagaimana materi pendidikan karakter, juga memiliki tiga ranah, yaitu kognitif dalam hal teori tentang ‘ilmu mu’ȃmalah itu sendiri, serta afektif dan psikomotorik yang terdapat dalam pengamalan ‘ilmu mu’ȃmalah dalam sikap dan perilaku.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? ?? L1 ?? |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 06 Jul 2021 08:40 |
Last Modified: | 06 Jul 2021 08:41 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9005 |
Actions (login required)
View Item |