PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI MI MASDARUL ULUM TELUK KECAPI PEMULUTAN

RIZKA, NOVIANTI (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA DI MI MASDARUL ULUM TELUK KECAPI PEMULUTAN. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIZKA 13270109.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing merupakan model yang dapat melatih siswa untuk belajar secara aktif, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing diharapkan siswa dapat aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Karena dalam model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing secara khusus membuat siswa lebih aktif, lebih percaya diri dalam proses pembelajaran berlangsung. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran IPA di MI Masdarul Ulum teluk kecapi pemulutan, Bagaimana hasil belajar siswa kelas IV sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada mata pelajaran IPA di MI Masdarul Ulum Teluk Kecapi pemulutan, Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Masdarul Ulum Teluk Kecapi pemulutan Penelitian ini merupakan penelitian EksperimenBentuk desain penelitian one�group pretest-posttest design, sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan 15 siswa. Teknik pengumpulan data menngunakan observasi, tes,dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik product moment.Hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA sebelum Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwingpada kelas IV MI Masdarul Ulum Teluk Kecapi Pemulutan dengan nilai pretest kategori tinggi berjumlah 5 orang dengan nilai 57 ke atas, sedang berjumlah 5 orang dengan nilai 49 sampai dengan 57, dan yang tergolong rendah berjumlah 5 orang dengan nilai 49 kebawah.Hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwingpada kelas IV di MI Masdarul Ulum Teluk Kecapi dengan nilai posttestkategori tinggi berjumlah 5 orang dengan nilai 78 ke atas, sedang berjumlah 5 orang dengan nilai 72 sampai 78, dan yang tergolong rendah berjumlah 5orang dengan nilai 72 ke bawah. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwingsangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV hal ini terbukti bahwa dari hasil perhitungan rxy atau ro(yang besarnya= 0,990) jauh lebih besar dari pada rtabel (yang besarnya 0,553 dan0,684). Karena ro lebih besar dari pada rtabel maka Hipotesis Nihil (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, ini berarti Ada pengaruhPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwingterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MI Masdarul Ulum Teluk Kecapi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:07
Last Modified: 06 Jul 2021 09:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9023

Actions (login required)

View Item View Item