PERBANDINGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DENGAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWADALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG

RUSLINAH, RUSLINAH (2017) PERBANDINGAN STRATEGI INDEX CARD MATCH DENGAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWADALAM PEMBELAJARAN IPS KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
RUSLINAH 13270113.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru harus dapat menumbuhkan motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tanpa adanya motivasi belajar proses pembelajaran tidak berarti. Pengetahuan yang diajarkan oleh guru akan lebih bermakna dan terserap apabila siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran.Terdapat beberapa strategi pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu salah satunya dengan strategi index card match dan crossword puzzle keduanya dirancang agar siswa dapat berpikir, mengemukakan pendapat, terlibat aktif dalam pembelajaran, sehingga dapat memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi index card match terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS, Bagaimana penerapan strategi crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS, dan bagaimana perbandingan strategi index card match dengan crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang? Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, metode eksperimen dengan penelitian eksperimen semu. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah siswa kelas IIIA dan IIIB yang berjumlah 56 siswa. Sumber data dalam penelitian ini ada 2, yang pertama sumber data primer yaitu data yang dihimpun dari guru mata pelajaran dan siswa, yang kedua sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari arsip, dokumen yang berhubungan dengan penelitian. Alat pengumpulan data yaitu: angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan TSR dan Uji t Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, penerapan strategi index card match terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS tergolong tinggi, dengan rincian skor sebagai berikut: 12 siswa (42,9%) tergolong tinggi Kedua, penerapan strategi crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS tergolong rendah, dengan rincian skor sebagai berikut: 12 siswa (42,85%) tergolong rendah. Ketiga, perbandingan strategi index card match dengan crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa, berdasarkan hasil analisis uji t, didapat hasil jika - ttabel ≤ thitung ≥ ttabel atau -2,00488 < 2,040425 > 2,00488, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan antara strategi index card match dengan crossword puzzle terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Wathoniyah Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:07
Last Modified: 06 Jul 2021 09:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9026

Actions (login required)

View Item View Item