PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN PEMENTASAN DRAMA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG

SASTRI, NAINI (2018) PENGARUH PENERAPAN METODE SOSIODRAMA TERHADAP KETERAMPILAN PEMENTASAN DRAMA SISWA KELAS V DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’HAD ISLAMY PALEMBANG. Diploma thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SASTRI NAINI (14270113) KESELURUHAN.pdf

Download (21MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang, ditemukan masalah dalam pembelajaran bermain drama. Hal ini dikarenakan kurangnya optimalisasi penggunaan metode dan media pembelajaran yang efektif oleh guru. Berdasarkan nilai semester satu (2017), bahwa keterampilan belajar siswa masih rendah yaitu 55% siswa yang belum mencapai KKM sedangakan 45% siswa yang mencapai KKM, nilai KKM untuk pembelajaran bahasa Indonesia 65. Maka perlu adanya suatu perbaikan pembelajaran yaitu melalui penerapan metode sosiodrama. Rumusan masalah penelitian adalah (1) Bagaimana penerapan metode sosiodrama terhadap keterampilan pementasan drama siswa kelas V di Madrasyah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang? (2) Bagaimana keterampilan pementasan drama siswa kelas V dalam mata pelajaran bahasa Indonesia setelah diterapkan metode pembelajaran sosiodrama di Madrasyah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang? dan (3) Adakah pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap keterampilan pementasan drama siswa kelas V di Madrasyah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang? Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode sosiodrama terhadap keterampilan pementaskan drama siswa kelas V di Madrasyah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang. Jenis penelitian yang di gunakan adalah kuantitatif dengan penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 26 siswa kelas V sampel diambil dari polulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan Instrument tes berupa unjuk kerjas siswa dalam bermain drama dan nontes yang meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri atas teknik kuantitatif dan kualitatif. Analisis data untuk mengambil kesimpulan menggunakan TSR dan uji “t”. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Pelaksanaan metode sosiodrama terhadap keterampilan pementasan drama siswa kelas V di Madrasyah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang dikategorikan baik. (2) Keterampilan pementasan drama siswa dilihat dari rata-rata nilai mean hasil belajar siswa yang didapat dari guru yaitu 62,11 sedangkan nilai mean rata-rata kelas eksperimen yaitu 73,76. (3) Kemudian hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji ”t” diperoleh dapam perhitungan (to = 4,84) dan besarnya t yang tercantum pada tabel (ttabel.5% = 2.06) dan (ttabel.1% = 2.79) maka dapat diketahui bahwa to lebih besar tt; yaitu 2,06 ˂ 4,80 ˃ 2,79. Karena to lebih besar dari tt maka hipotesis nihil yang diajukan ditolak, ini bearti bahwa adanya pengaruh penerapan penerapan metode sosiodrama terhadap keterampilan pementasan drama siswa kelas V di Madrasyah Ibtidaiyah Ma’had Islamy Palembang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 06 Jul 2021 09:07
Last Modified: 06 Jul 2021 09:07
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item View Item